3:11 pm - Minggu November 25, 3296

Hari Kedua UN, Soal 30 & 34 Paket 18 Kimia Bermasalah

141 Viewed Redaksi 0 respond

Peserta UN SMA Negeri 1 Matangkuli, Aceh Utara (foto: safta/PR)

Lhoksukon— Pelaksanan hari kedua Ujian Nasional (UN) SMA dan sederajat, di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara, Selasa (15/4), secara umum berjalan tertib dan lancar.

Namun peserta UN SMA jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bidang studi Kimia, paket 18, dirisaukan dengan temuan lompatan nomor soal, dari nomor soal 29, lompat ke 31. Sedangkan nomor soal 30 tidak ada. Selain itu, nomor soal 34 didapati ganda (doble), yaitu terdapat nomor soal 34 dua kali tulis, dan soal ujian serupa.

“Ya, ada doble nomor soal di pelajaran kimia, paket 18, UN kali ini, nomor 34 diketik dua kali dengan soal ujian yang sama. Kemudian nomor soal 30 tidak ada, langsung nomor soal 31″, ujar salah seorang pengawas di ruang VII SMA Negeri Matangkuli Aceh Utara.

Kejanggalan ini kemudian dilaporkan pengawas ruang kepada pihak panitia sekolah penyelenggara, guna dicari solusi agar peserta UN tidak risau.

Single content advertisement top

Pihak panitia kemudian mengecek laporan pengawas ruang, pelajaran kimia, paket 18, disaksikan tim monitoring perguruan tinggi, dan pemantau dari dinas pendidikan, ternyata benar ada kekosongan nomor soal 30, dan dua kali tulis nomor soal 34.

Ketua panitia penyelenggara UN tingkat SMA di Matangkuli, Hasbi, S.Pd, kemudian melakukan pengecekan di beberapa ruangan IPA, bidang studi kimia dengan paket 18, ternyata naskah soal serupa semua, tidak ada no 30 dan doble nomor soal 34 dengan pertanyaan dan jawaban sama juga.

Untuk mengantisipasi keluhan peserta UN, pihak panitia kemudian berkonsultasi dengan pihak dinas pendidikan kabupaten setempat, dan belum ada solusi.

Hasbi, S.Pd, selaku penanggung jawab pelaksana satuan pendidikan UN SMA, kemudian menanyakan ke beberapa SMA di wilayah Aceh Utara, ternyata, sekolah-sekolah lain juga mengalami hal sama,

“Kita bisa memberi solusi ini. Ini keslahan pihak pembuat soal dari kemendikbud pusat”, tegasnya kepada tim monitoring perguruan tinggi.

Dia menambahkan, ini bisa jadi seluruh Aceh, atau Indonesia bahwa peserta pemegang paket 18, bidang studi kimia, mengalami kasus serupa, tutup Kepala SMA Negeri 1 Matangkuli itu. (sa)

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

UN SMA di Kota Lhokseumawe & Aceh Utara Lancar

95 Guru PAI Aceh Utara Gagal Ikuti Pelatihan Kurikulum 2013

Related posts
Your comment?
Leave a Reply