3:11 pm - Kamis November 24, 4078

Hamdan Zoelva Jadi Ketua MK

287 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva akhirnya terpilih menjadi ketua MK baru menggantikan Akil Mochtar. Hamdan menjadi ketua MK setelah mendapatkan lima suara dalam voting yang digelar di Gedung MK Jakarta, Jumat (1/11).

Terpilihnya Hamdan setelah melewati dua putaran. Hamdan mengalahkan Arief Hidayat yang mendapatkan tiga suara.

“Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi untuk masa jabatan 2013-2016,” ujar Hamdan sebagai Ketua Rapat Pleno Pemilihan Ketua MK di Gedung MK, Jakarta, jumat (1/11).

Pada putaran pertama, Hamdan mendapat empat suara, Arief Hidayat tiga suara dan Fadlil Sumadi memperoleh satu suara. Karena belum ada calon yang memperoleh 50 persen plus 1 maka pemilihan ketua dilanjutkan pada putaran kedua.

Single content advertisement top

Sebelum melakukan voting, sebelumnya delapan hakim konstitusi ini diberikan kesempatan memberikan sambutan di podium. Mereka sepakat untuk mencari ketua MK yang mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada MK.

Pemilihan ketua MK baru ini dilakukan setelah Majelis Kehormatan MK memecat Akil Mochtar secara tidak hormat. Akil terbukti telah melakukan pelanggaran kode etik.

Kasus Akil kini tengah ditangani oleh KPK. Akil ditahan setelah terjerat kasus suap dalam sengketa pilkada Lebak dan Gunung Mas yang tengah ditangani oleh MK. (merdeka.com)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Buntut Penamparan Yana, Azlaini Agus diberhentikan Sementara

Musim Kawin, Buku Nikah Habis…!

Related posts
Your comment?
Leave a Reply