3:11 pm - Jumat November 23, 7370

Gubernur Aceh: Pembangunan Fokus Pada Kesejahteraan Rakyat

281 Viewed Redaksi 0 respond
dr.Zaini Abdullah, Gubernur Aceh (blogspot)

Banda Aceh–Gubernur Aceh Zaini Abdullah minta jajaran pemerintahannya merumuskan program pembangunan daerah yang fokus pada peningkatan kualitas kesejahteraan rakyat di seluruh kabupaten dan kota di Aceh.

“Kami minta bupati/wali kota dan seluruh pimpinan satuan kerja untuk tahun 2015 sampai 2017 agar merumuskan program pembangunan yang fokus pada peningkatan kualitas kesejahteraan rakyat,” kata Zaini Abdullah di Banda Aceh, seperti dilansir antara, kemarin.

Single content advertisement top

Gubernur mengatakan hal itu pada acara penandatanganan kesepakatan pembagian peran antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan kabupaten/kota di Aceh dalam penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat.

Ia juga menekankan agar inovasi dan terobosan yang dilakukan, melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan berlandaskan Undang Undang Nomor 11/2006 tentang Pemerintahan Aceh.

“Perhatikan keseimbangan dan keadilan antarwilayah. Jadikan ‘gampong’ (setara desa, red) dan ‘mukim’ (setara kecamatan, red) sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, sehingga masyarakat berdaya dalam membangun gampong yang madani,” kata gubernur menambahkan.

Zaini Abdullah juga minta para bupati dan wali kota, satuan kerja, Bappeda di seluruh daerah, dan tim koordinasi penanggulangan kemiskinan bersama tim kabupaten/kota untuk melakukan langkah-langkah konstruktif dan terintegrasi dengan kebijakan pembangunan Aceh.

Oleh karena itu, gubernur minta segera dilakukan evaluasi kebijakan dan seluruh program penanggulangan kemiskinan di seluruh Aceh agar melaksanakan program yang secara efektif dapat menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan indeks kesejahteraan rakyat.

Selanjutnya juga susun dan laksanakan rencana aksi atas program kerja sama penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat yang telah disepakati antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan kabupaten/kota secara terintegrasi, sinergi dan terukur.

Untuk menjamin ketepatan sasaran penerima manfaat dari program penanggulangan kemiskinan, gubernur minta kepada seluruh satuan kerja agar menggunakan database kependudukan berbasis kesejahteraan sosial sebagai basis data penanggulangan kemiskinan.

Gubernur juga mengharapkan seluruh sasaran program pembangunan di Aceh untuk tiga tahun ke depan harus berdampak pada peningkatan kualitas kesejahteraan rakyat secara utuh.

“Saya tegaskan bahwa sudah waktunya kita mengubah cara pandang dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan rakyat Aceh, tempatkan penduduk sebagai pelaku utama dalam meningkatkan kesejahteraan,” demikian Gubernur Zaini Abdullah. (ant/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Tes CPNS Aceh Timur, Kenapa Harus di Medan???

Akademisi: Kartu ‘Sakti’ Jokowi Masih Banyak Kekurangan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply