2:18 pm - Sabtu September 23, 2017

Gawat…Di Indonesia Beras, Air dan Telur di Palsukan

411 Viewed Redaksi 0 respond
Beras plastik buatan China di jual di Indonesia, parah... (foto: ©instagram.com/dewinurizza/merdeka)

Jakarta–Beras palsu buatan China marak beredar. Bahkan beras tiruan mengandung bahan plastik ini diduga juga ditemukan beredar di daerah Bekasi, Jawa Barat. Tentu hal ini membuat masyarakat Indonesia sebagai pengonsumsi beras khawatir.

Beras palsu ini terbuat dari gabungan kentang, ubi jalar dan limbah plastik yang direkayasa sedemikian rupa sehingga berbentuk menyerupai beras.

Single content advertisement top

Tidak hanya itu, produsen beras palsu ini juga menambahkan resin sintetis industri. Resin sintetis ini dikatakan sangat berbahaya jika dikonsumsi karena bisa memicu kanker.

Dewi Setiani, warga Bekasi, Jawa Barat menemukan sejumlah keanehan dengan beras yang dibelinya. Sehingga dia menduga bahwa beras tersebut adalah beras palsu yang terbuat dari plastik.

Dugaan tersebut muncul ketika dia mengolah beras itu menjadi bubur untuk dia santap esok paginya. Namun setelah didiamkan beberapa jam, bubur ini pun berbentuk aneh.

“Berasnya jadi aneh dan rasanya juga enggak kayak nasi pada umumnya. Lebih terasa kayak plastik, karena sintesisnya berasa banget,” kata Dewi saat seperti dilansir merdeka.com, Senin (18/5).

Keanehan beras plastik itu juga terlihat saat Dewi membuat olah bubur untuk anaknya. Alangkah terkejutnya dia saat melihat bentuk bubur yang dimasaknya tidak seperti bubur yang menggunakan beras biasa.

“Tadi malam saya masak bubur buat besok pagi. Tapi saat tadi saya mau memanaskan buburnya, bentuknya jadi beda. Biasanya kan bubur kan kalau udah dingin bentuknya mengental dan menyatu, tapi kalau ini dia berbentuk buliran dan seperti belum matang,” imbuh Dewi.

Selain bubur, Dewi juga sempat menanak beras itu untuk dijadikan nasi uduk, namun keanehan pun kembali dia temukan.

“Saat dimasak beras itu malah ngeluarin banyak air. Kalau beras biasa kan meresap air tapi ini malah ngeluarin air. Saat dimakan juga rasanya aneh, sintetisnya berasa banget kayak kita makan plastik,” jelasnya.

Selain beras, jenis lain yang berbahaya yang dipalsukan adalah air mineral palsu. Parahnya, sumber air yang digunakan berasal dari got, sungai, dan sumur tanpa melakukan sterilisasi.

Seorang penampung botol-botol bekas di Tanah Abang juga mengakui kerap ada orang yang membeli botol-botol plastik bekas untuk dijadikan kemasan baru.

“Kami jual botol bekas buat daur ulang. Tapi ada juga yang kadang beli buat diisi air lagi terus dijual. Enggak banyak paling beli 5 karung sekitar 20 kiloan. Satu kilo kami jual Rp 5 ribu,” kata penampung botol bekas yang tak mau disebutkan namanya.

Informasi dari penampung botol bekas di bilangan Ciputat menyebutkan kalau air mineral palsu bisa nampak bening dengan mencampurkan borak dan tawas.

“Air sumur saja sudah bahaya kalau enggak dimasak. Apalagi pakai air kali dan air comberan. Itu air bisa kelihatan bersih kalau dicampur borak sama tawas. Parah dah,” kata penampung botol bekas yang enggan disebutkan namanya.

Tak hanya air mineral dan beras yang dipalsukan, telur ayam palsu pun sempat beredar yang dibuat oleh China, menggunakan bahan-bahan kimia. (mdk/pr)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Tokoh Pers: Media Islam Penyeimbang Media Umum

Waah….Bocah 11 Tahun Ini Raih 3 Gelar Sarjana Sekaligus

Related posts
Your comment?
Leave a Reply