3:11 pm - Sabtu November 24, 0463

Gadis Miskin dari India yang Cerdas

337 Viewed Redaksi 0 respond

India Utara–India, meski dikenal sebagai negara berpenduduk terbesar setelah China, kondisi pendidikan –utamanya anak-anak perempuan masih tergolong terbelakang.

Akan tetapi terbetik secercah asa, salah seorang anak desa yang miskin mengukir sejarah baru dalam dunia pendidikan.

Namanya, Sushma Verma, yang terlahir dari keluarga miskin di India Utara, yang kecerdasannya luar biasa. Di usia masih sangat belia, 7 tahun dia sudah tamat SMA.

Di Usia 7 Tahun, Sushma Verma dapat Ijazah SMA (AFP-foto)

Dukungan orang tua begitu besar, bila ayahnya tak dapat menemani, sang ibu akan menemani belajarnya. Kedua orang tuanya begitu peduli kepadanya, mereka juga selalu bangga dengan apa yang diraih anaknya.

Sang Ayah, Tej Bahadur begitu bangga dan rela mengayuh sepeda untuk menjemput anaknya Sushma Verma pulang. Pria berusia 50 tahun itu rela berkorban apapun demi memfasilitasi anaknya bersekolah.

Single content advertisement top Ayah Verma selalu Menjemput Anaknya saat pulang kuliah

Sebagian tanah yang menjadi harta turun temurun keluarga dijualnya demi kemajuan putrinya yang begitu cerdas dan apa yang ia korbankan memang tak sia-sia.

Di rumahnya yang miskin ia duduk pada anak tangga. Catatan ilmu biologi ia pelajari saksama tanpa keluhan dan tanpa ratapan. Sushma Verma tumbuh sebagai anak gadis yang pintar. Harinya ia habiskan untuk belajar dan membantu keluarganya yang miskin, kapanpun buku selalu ia bawa untuk dibaca.

Tak Perduli Tempat, Verma Selalu Belajar dengan Giat (AFP-foto)

Verma mengakui bahwa atmosfir tempat tinggal dan kehidupannya sangat tidak mendukung untuk belajar, bahkan meraih mimpi. “Ada banyak mimpi, dan kesemuanya tidak bisa dipenuhi,” ujar Verma.

Sang ayah hanyalah pekerja konstruksi yang mendapatkan penghasilan kurang dari Rp 30 ribu per hari. Barang mewah yang mereka miliki hanya sebuah meja belajar dan komputer bekas.

Namun dengan kondisi yang tak ada TV dan berbagai pernik zona nyaman lainnya, memberikan manfaat bagi Verma. “Tak ada yang dilakukan selain belajar,” kata Verma.

Hari-hari SushmaVerma kini begitu padat, waktu luangnya  ia gunakan untuk terus belajar, tak salah bila ia selalu terpilih menjadi siswa pandai di tempatnya belajar.

Di India ia pemegang rekor sebagai anak paling muda yang berhasil meneruskan kuliah pada  jenjang master (S2). Sushma kini berusia 13 tahun ia mahasiswa dalam program ilmu pengetahuan mikrobiologi.

Dikampusnya yang berada di  Lucknow, India, Sushma Verma  menjadi mentor bagi kawan-kawannya. Ketekunan membawanya menuju jenjang terbaik menggapai luar biasa. (kaskus/pr)

Editor: Muhajir AF

 

 

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Elemen Masyarakat Aceh Rame-Rame Tolak Wali Nanggroe

Semrawut, Arena PKA disesaki Pedagang Kaki-5

Related posts
Your comment?
Leave a Reply