11:28 am - Senin Oktober 23, 2017

Gadis Kecil Allepo yang Buka Mata Dunia Bertemu Presiden Turki

129 Viewed Redaksi 0 respond

Ankara–Bana Alabed, gadis kecil warga Allepo yang rumahnya hancur dibom tentara Suriah akhirnya bertemu dengan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Gadis kecil yang melalui unggahan foto dan cuitannya di Twitter itu berhasil membuat dunia menoleh ke Allepo disaat warganya menjadi korban kekejaman pemimpin negerinya sendiri.

Di akun Twitternya, Bana menceritakan bagaimana pedihnya hidup di bawah pengepungan serdadu Bashar Assad dan sekutunya di Aleppo. Cuitannya itu menyedot perhatian dunia, sehingga orang-orang mulai bertindak menunjukkan kepeduliannya terhadap warga Allepo.

Beberapa waktu lalu PBB melalui badan yang menangani masalah anak dan pengunsi, UNICEF berhasil mengevakuasi Bana Alabed beserta warga Allepo dan anak-anak lainnya. Bana bersama sekitar 4,5 ribu warga sipil lainnya dievakuasi Senin (19/12) lalu ke wilayah perbatasan Turki.

Single content advertisement top

Dilansir dari BBC, Kesepakatan evakuasi antara pasukan pemerintah Suriah dan kelompok pemberontak dicapai berkat mediasi Turki dan Rusia. Turki saat ini menampung sekitar 2,7 juta jiwa pengungsi dari Suriah dan mungkin saja jumlah tersebut masih bisa bertambah.

Walaupun pemerintahan Presiden Bashar al-Assad mengecam Twitter Bana dan ibunya sebagai propaganda, bagi lebih dari 330 pengikutnya di Twitter, Bana merupakan lambang dari tragedi kemanusiaan yang tidak terungkap dalam konflik di Suriah.

Gadis kecil itu bertemu Erdogan di Ankara Turki setelah ia aman dari wilayah konflik.

Dalam foto yang diterbitkan istana kepresidenan Turki, Erdogan tampak memeluk Bana yang duduk di pangkuannya. Rasa haru terlihat dari foto tersebut. Bana yang ditemani keluarganya nampak bahagia. Erdogan dan istrinya menyambut mereka dengan baik di istananya [bbc/inspiradata].

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Asal Muasal Pancasila Dimodif Dari Lambang Kerajaan Samudra Pasai

Awas….! Penculik Anak Sudah Berkeliaran di Seluruh Aceh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply