8:13 am - Sabtu November 18, 2017

Fosil Manusia Purba Kembali Ditemukan di Takengon

689 Viewed Redaksi 0 respond

Takengon — Tim peneliti dari Balai Arkeologi Medan, Sumatera Utara kembali menemukan kerangka manusia purba di sebuah teluk Mendale, yang sebelumnya menemukan sembilan kerangka manusia di teluk Ujung Karang, Takengon, Aceh Tengah, Kamis (20/06).

Kerangka manusia yang diperkirakan hidup pada tahun 7525 sebelum masehi itu diduga berasal dari Thailand. Selain itu, juga ditemukan pragmen tulang gajah yang diperkirakan berusia 10.000 tahun, serta alat serpih di sekitar penemuan kerangka manusia.

Temuan fosil ini bernilai karena mematahkan teori Austronesia, yang sebelumnya diyakini sebagai nenek moyang penduduk Indonesia Barat berasal dari Austronesia.

Single content advertisement top

Ketua Peneliti Balai Arkeologi Medan, Sumut, Ketut Wiradnyana, kepada PikirReview.Com menuturkan, “Bangsa Austronesia yang diperkirakan pernah bermigrasi ke tanah Gayo atau wilayah Indonesia Barat lain, antara lain dari Filipina dan Taiwan melalui Sulawesi”, katanya.

Dia menambahkan, “Dengan temuan fosil manusia purba ini sekitar pada periode 7525 SM hingga 300 Masehi, disini diperkirakan ada manusia dari Thailand yang bermigrasi ke Gayo”, papar Ketut.

Fosil manusia purba terbaru yang ditemukan oleh Balai Arkeologi Medan di Takengon ini diperkirakan mempunyai religi yang sama dengan fosil berusia 7525 tahun sebelum masehi, yang ditemukan di teluk Mendale.

Hal ini tampak dari cara penguburannya yaitu dengan kaki terlipat, dengan kedalaman penguburan 25 cm, dari permukaan tanah (di atas lapisan neolitik).

Hingga saat ini, Balai Arkeologi Medan, Sumatera Utara, telah menemukan 17 kerangka manusia purba di Takengon. 9 kerangk fosil itu ditemukan di Gua Ujung Karang, Takengon dan 8 lain di sebuah Teluk di Mendale, Takengon Kabupaten Aceh Tengah. (Awal).

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Peneliti Temukan 280 Kawah Baru di Bulan

Langkah Sederhana Lindungi Data Pribadi dari Peretas

Related posts
Your comment?
Leave a Reply