5:05 pm - Selasa November 21, 2017

Fakultas Syariah IAIN Ar-Raniry Juara Debat Hukum Nasional

295 Viewed Redaksi 0 respond
single-thumb.jpg

Jepara – Debator perwakilan Fakultas Syari’ah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh akhirnya keluar sebagai juara pertama debat hukum nasional yang digelar oleh Forum Mahasiswa Syari’ah Se-Indonesia di kampus INISNU Jepara, 27 – 28 Mei 2013 lalu.

Single content advertisement top

Kemenangan ini ujar Fachrurrazi (Gubernur Syari’ah), setelah IAIN mampu mengalahkan UIN Malang yang juga berturut-turut mendapat nilai tertinggi. “Namun, di final UIN Malang dikalahkan oleh IAIN Ar-raniry yang pada babak penyisihan hanya mendapat nilai ketiga tertinggi dan di semifinal mendapat nilai kedua tertinggi,” jelasnya.

Khairil Akbar salah seorang debator perwakilan Fakultas Syari’ah IAIN Ar-raniry itu sebenarnya agak pesimis dengan posisi final yang kurang menguntungka.

“Kami harus menolak pasal 293 RUUKUHP yang secara subtantif tidak memiliki celah untuk ditolak. Bahkan, hampir tak ada pakar hukum yang mempersoalkannya. Kami juga sebenarnya berharap berada di posisi pro yang mendukung pasal itu,” ujarnya.

“Namun, profesionalitas dalam debat harus menjadi fokus. Kita hanya bertanding, bukan mempertahankan sesuatu yang ideal. Justeru idealisme dalam kompetisi debat adalah mempertahankan posisi,” tambah Khairil.

Menurut Husen, tim debator perwakilan IAIN Ar-Raniry, kemenangan ini wajar diraih oleh IAIN Ar-raniry. Meski dari awal IAIN tidak pernah mendapat nilai pertama, namun dalam semua pertandingan, siapa saja berhak menang.

“Alhamdulillah, mendampingi Khairil Akbar pada debat ini memberi pelajaran yang sangat berarti dan kesyukuran yang luar biasa bagi saya. Saya sangat senang keluar sebagai juara 1 debat hukum nasional. Di sini, semua yang saya pelajari justru diuji dan harus siap atas ujian kapasistas itu,” ungkapnya.

Secara terpisah, pihak Dekanan Fakultas Syari’ahIAIN Banda Aceh menyambut hangat kemenangan ini. Ucapan selamat dari dosen-dosen pun bermunculan.

”Kami bangga memiliki Mahasiswa yang berprestasi seperti ini. Apalagi sampai pada tingkat nasional. Semoga prestasi ini mampu menstimulir mahasiswa lainnya untuk terus giat belajar dan menjadi kompetitor handal ke-depannya.”, pungkas DR Nazaruddin AW, MA, Dekan Fakultas Syariah IAIN Banda Aceh. (Khairil)

 

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Di Medan, Bayi Cantik Lahir Dengan Lafazd Allah di Daun Telinga

Unimal Lhokseumawe Buat e-Karpeg PNS

Related posts
Your comment?
Leave a Reply