3:46 pm - Jumat Agustus 18, 2017

Elemen Sipil di Aceh Dirikan Posko Keprihatinan Demokrasi

761 Viewed Redaksi 0 respond
Sipil Aceh dirikan Posko Darurat demokrasi

Posko keprihatinan demokrasi Aceh (image: cdn.klimg.com)

Banda Aceh–Sejumlah elemen sipil di Aceh yang tergabung dalam Aliansi Pemilu Anti Kekerasan (APAK) membuka posko sebagai simbol keprihatinan terhadap penyelenggaraan pemilu yang menimbulkan kekerasan. Posko tersebut sebagai bentuk protes elemen sipil terhadap rangkaian kekerasan menjelang pemilu di Aceh.

Pendirian posko tersebut di depan Masjid Raya Baiturrahman diberi nama Aceh Darurat Demokrasi. Alasan mereka mendasari nama Aceh Darurat Demokrasi karena akhir-akhir ini eskalasi kekerasan terus meningkat.

“Bahkan peta kekerasan telah menyebar hampir ke seluruh kabupaten/kota di Aceh, makanya kita dirikan posko bentuk protes kita,” tegas Koordinator posko, Maulana Ridha, Selasa (25/3) di Banda Aceh.

Menurut Maulana, meluasnya kekerasan ke seluruh Aceh bukti pemerintah Aceh tidak punya skema antisipasi. Demikian juga pihak kepolisian belum menunjukkan kerja yang baik untuk mengungkap rangkaian kekerasan di Aceh, bahkan setiap pelaku kekerasan di Aceh masih dilebelkan dengan OTK.

Single content advertisement top

“Kalau ini terus terjadi, kita takutkan masyarakat nantinya takut datang ke TPS,” ujarnya.

Maulana menambahkan, negara saat ini terkesan tidak bisa memberikan kenyamanan dan ketentraman pada masyarakat. Bahkan rakyat saat ini sedang hidup seperti di masa konflik dulu. “Makanya kita sebut Aceh Darurat Demokrasi,” imbuhnya.

Adapun masyarakat sipil yang tergabung dalam APAK adalah Kontras Banda Aceh, LBH Banda Aceh, BEM Fisip Unsyiah, Katahati Institut, Forum LSM, Koalisi NGO HAM, MaTA dan JKMA. Posko ini juga berfungsi tempat masyarakat melaporkan bila menemukan kekerasan di Aceh menjelang pemilu 2014. (merdeka.com)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Diplomat Swedia: Kekerasan di Aceh Cederai Demokrasi

Polres Lhokseumawe Tingkatkan Keamanan Jelang Pemilu

Related posts
Your comment?
Leave a Reply