3:11 pm - Jumat November 24, 3882

DPRA Usul Referendum Untuk Bendera Aceh

309 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–DPR Aceh mengusulkan referendum atau meminta pendapat rakyat daerah itu untuk memutuskan penggunaan bendera Aceh yang saat ini dipersoalkan oleh pemerintah pusat.

Seperti diberitakan BBC, Ketua Badan Legislasi DPRA, Abdullah Saleh mengatakan sejumlah pertemuan dengan pemerintah pusat yang sebelumnya menolak penggunaan bendera Aceh masih belum menemui titik temu hingga saat ini.

Single content advertisement top

Dia mengatakan kecil kemungkinan Pemerintah dan DPR Aceh mengubah bentuk bendera yang telah mereka sahkan dalam bentuk qanun atau peraturan tentang bendera pada 25 Maret lalu.

“Sangat sulit bagi Pemerintah Aceh dan DPR Aceh kalau misalnya harus menarik keputusan yang telah ada dan disahkan dalam bentuk Qanun (peraturan) misalnya mengganti dan melakukan perubahan,” kata Abdullah.

“Kecuali jika memang perubahan itu melibatkan semua rakyat sendiri dan saya menawarkan dengan cara meminta pendapat rakyat atau semacam referendum kecil-lah jadi rakyat lah yang nantinya menentukan seperti apa bendera ini.”

“Kita tidak perlulah menghabiskan waktu yang tidak terlalu penting dan bisa kita akhiri pembicaraan soal bendera ini,” tambah politisi asal Partai Aceh ini.

Pemerintah sebelumnya dalam sejumlah kesempatan mengatakan bendera provinsi Aceh yang ada saat ini harus diganti, karena menyerupai bendera kelompok separatis Gerakan Aceh Merdeka dan bertentangan dengan Peraturan Pemerintah nomor 77 tahun 2007.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada awal April lalu juga telah meminta agar persoalan bendera Aceh bisa diselesaikan secara cepat dan tidak berkepanjangan. Pemerintah juga khawatir jika polemik soal bendera ini tidak terselesaikan akan memunculkan konflik baru di wilayah Aceh.

Pembicaraan lanjutan antara pemerintah pusat dengan pemerintah dan DPR Aceh sejauh ini masih berjalan dan pertemuan selanjutnya dijadwalkan akan berlangsung pada Kamis (21/05) di Bogor Jawa Barat.

Abdullah Saleh mengatakan dia akan menyampaikan usulan referendum soal bendera ini pada pertemuan tersebut. “Kemungkinan akan kami sampaikan usulan referendum ini pada pertemuan berikutnya,” kata Abdullah Saleh. (BBC)

Editor: SNA

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Jadi Presiden Itu Tak Mudah

Pengamat: Aceh Jadi Bidikan AS

Related posts
Your comment?
Leave a Reply