5:06 pm - Selasa November 21, 2017

DPR Didesak Sahkan UU Perlindungan PRT

321 Viewed Redaksi 0 respond
DPR Didesak Sahkan UU PRT

Demo PRT Terkait Kasus Penganiayaan PRT (image: m.irfan/vg)

Jakarta–Penyekapan dan kekerasan terhadap pekerja rumah tangga (PRT) oleh majikan kerap terulang.

PRT dinilai merupakan kelompok yang rentan mengalami kekerasan sehingga membutuhkan perlakuan khusus atas hak pemulihan korban sebagaimana mandat Pasal 28 H ayat (2) UUD 1945.

Perlakuan untuk menjamin keadilan juga diatur dalam UU N0 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (UU PKDRT).

Seperti dilansir metrotvnews.com, Sabtu (22/02), Komnas Perempuan mengajak Kepolisian RI khususnya Kepolisian Resort Kota Bogor untuk berdialog guna memastikan penegakan hukum dalam memperhatikan hak para PRT dan perlindungan hukum bagi korban.

Single content advertisement top

Selain itu, Komnas Perempuan juga ingin memastikan kepolisian tidak memfasilitasi terjadinya perdamaian yang akan menghilangkan unsur pidana atau pemidanaan serta memastikan dalam memproses pelaporan memperhatikan relasi timpang antara korban dan majikan/pelaku.

Perlindungan pada korban dari sikap, perilaku dan kinerja yang tidak profesional karena tingginya kuasa pelaku harus dipastikan tidak terjadi agar tidak menghambat pemenuhan hak korban atas kebenaran, keadilan, dan pemulihan.

Komnas juga mendesak agar RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga yang saat ini sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional agar segera dibahas dan disahkan.

Selain itu, Konvensi ILO 189 tentang Kerja Layak bagi PRT yang merupakan standar internasional yang mengakui dan mengatur kerja layak bagi pekerja rumah tangga mendesak juga untuk diratifikasi oleh pemerintah Indonesia. Dua instrumen tersebut tidak hanya akan memberi perlindungan bagi PRT namun juga memberikan dasar hukum dan kejelasan hubungan kerja antara pekerja rumah tangga dan pemberi kerja/majikan. (metrotv/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Hah…Ternyata Australia Masih Sadap Indonesia

Pemerintah dan DPR Gergaji Leher KPK

Pemerintah dan DPR ‘Gergaji Leher’ KPK

Related posts
Your comment?
Leave a Reply