3:56 pm - Jumat Agustus 18, 2017

Doto Zaini: Tingkatkan SDM Aceh Dengan 4 Pilar Utama

4955 Viewed Redaksi 0 respond
dr.Zaini Abdullah, Gubernur Aceh (blogspot)

Banda Aceh–Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan empat pilar utama untuk meningkatkan sumberdaya manusia yang sesuai dengan karakteristik dan kekhasan yang dimiliki provinsi ini.

“Karena itu pendidikan Aceh dibangun dalam kerangka dasar filosofi yakni ke-Islaman, ke-Acehan, serta kebangsaan dan universal,” katanya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Aceh Dermawan di Banda Aceh, seperti dilansir antaraaceh.com, kemarin

Pada peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda ke 55), disebutkan empat pilar itu, pertama mutu, relevansi dan daya saing. Kedua,  pemerataan dan perluasan akses. Ketiga tata kelola dan akuntabilitas serta empat  implementasi sistem pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islami.

Gubernur menambahkan, dari sudut aksesibilitas atau peluang untuk memperoleh pendidikan di Aceh dari tahun ke tahun semakin menggembirakan, ditandai dengan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang sudah di atas rata-rata nasional.

“Untuk program wajib belajar 9 tahun, Aceh menempati peringkat lima secara nasional. Untuk pendidikan menengah atas menempati posisi empat nasional, demikian juga untuk posisi pendidikan tinggi,” katanya menambahkan.

Single content advertisement top

Saat ini di Aceh terdapat 4.002 SD/MI, sebanyak 1.436 SLTP dan 888 SMA dan 67 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, serta lebih dari 1.000 Pondok Pesantren (Dayah).

Sebagai hasil konkrit dari upaya tersebut, gubernur menjelaskan Aceh telah dapat meningkatkan angka melek huruf penduduk dewasa  sebesar 96,11 persen pada 2013 dari tahun sebelumnya sebesar 96,06 persen (2012).

Aceh  juga berhasil menekan angka putus sekolah (APTS) secara signifikan, sehingga masuk ke dalam lima provinsi dengan angka putus sekolah terendah di Indonesia pada  2013.

“Selain itu  atas berbagai usaha dan kebijakan yang kita tempuh, Alhamdulillah Aceh telah mendapat penghargaan Ki Hajar Dewantara Award dan Inklusif Award di tataran nasional dari Kemendikbud RI dalam tahun ajaran 2013/2014 ini,” katanya menyebutkan.

Dari sudut indikator fundamental pencapaian delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP), pendidikan Aceh semakin bergerak naik mencapai angka ideal, hampir berada di posisi rata-rata nasional dengan nilai SNP Aceh 63,49 persen atau berada pada peringkat 15 dari 33 provinsi.

“Dari pencapaian tersebut menunjukkan masih banyak yang perlu ditingkatkan di masa-masa mendatang,” kata dia.

Oleh karena itu gubernur  berharap mulai tahun ini, komposisi distribusi anggaran pendidikan lebih di arahkan pada upaya peningkatan mutu dan daya saing pendidikan melalui peningkatan mutu guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan tenaga kependidikan lainnya. (ant/pr)

Editor: Kahiru S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Walikota Lhokseumawe: Seluruh Aset PT Arun Dikelola Pemerintah Aceh

Diprediksi, Tiga Bulan Ke Depan Aceh Tengah Kosong Solar

Related posts
Your comment?
Leave a Reply