4:11 am - Selasa November 21, 2017

Doto Zaini: Seluruh Elemen Bangsa Dituntut Jadi Pahlawan Antikorupsi

303 Viewed Redaksi 0 respond
Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah (image: ist)

Banda Aceh–Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyatakan seluruh elemen bangsa saat ini dituntut menjadi pahlawan antikorupsi, pemberantas kemiskinan, lingkungan hidup, pembela kepentingan rakyat dan penegak Hak Asasi Manusia.

“Kita saat ini dituntut menjadi pahlawan pembela kebenaran dan keadilan serta antikorupsi,” katanya disela-sela temu ramah dengan keluarga/ahli waris pahlawan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2014 di Banda Aceh, seperti dilansir antara, kemarin.

Bahkan, Zaini Abdullah menyatakan semua elemen bangsa juga dituntut untuk bekerja keras dan mewakafkan diri bagi bangsa dan negara dalam rangka memajukan kesejahteraan rakyat.

Single content advertisement top

“Selain itu juga kita dituntut menjadi pahlawan bagi ilmu pengetahuan dan teknologi demi kualitas hidup serta daya saing anak bangsa. Kita harus bisa menjadi tuan di negeri sendiri, bukan malah menjadi penonton dalam hingar-bingar pembangunan ini,” katanya menambahkan.

Untuk itu, gubernur mengatakan spirit perjuangan para pahlawan bangsa jangan sampai dilupakan. Harus diingat bahwa bangsa besar adalah yang senantiasa menghargai jasa-jasa pahlawannya. menyantuni, berempati, bersilaturrahmi dan menunjukkan kepedulian kepada keluarga dan ahli warisnya.

Karena itu pula silaturrahmi yang diselenggarakan ini mengandung makna penting, dengan harapan spirit perjuangan para pahlawan itu selalu melakat dalam diri, sehingga bangsa ini tidak akan pernah menyia-nyiakan perjuangan mereka demi memajukan masa depan Indonesia.

Dipihak lain, gubernur menjelaskan bahwa Aceh termasuk salah satu wilayah di Indonesia memiliki banyak pahlawan nasional, mulai pada masa perang melawan Portugis hingga Belanda, dan Jepang serta perang pasca kemerdekaan.

Fakta tersebut menunjukkan betapa tingginya harga diri masyarakat Aceh yang tidak rela tanah airnya dikuasai oleh negara lain.

“Spirit militan itu membuahkan hasil, dimana sejarah mencatat bahwa tidak ada sejengkalpun tanah Aceh dikuasai penjajah. Ketika nyaris seluruh nusantara dikuasai Belanda, bumi Iskandar Muda ini masih mampu berdiri tegak untuk terus memberikan perlawanan hingga titik darah penghabisan,” katanya menambahkan.

Zaini juga menjelaskan, semangat kepahlawanan itu sejatinya mampu memberi kekuatan untuk menyelesaikan beragam masalah yang dihadapi saat ini, seperti kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, pengangguran, kerusakan lingkungan hidup, krisis ekonomi, korupsi, bencana alam dan berbagai bencana yang menunjukkan pudarnya nasionalisme serta rasa peduli terhadap sesama. (ant/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Longsor, Jalur Banda Aceh-Aceh Barat Lumpuh

Hilang Kendali, Sedan Seruduk Motor di Peunteut

Related posts
Your comment?
Leave a Reply