12:45 pm - Selasa Oktober 24, 2017

Diplomat Swedia: Kekerasan di Aceh Cederai Demokrasi

787 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi (foto; ist)
Ilustrasi (foto; ist)

Ilustrasi (foto; ist)

Lhokseumawe–Konflik politik yang kerap terjadi di Aceh, terutama pada saat menjelang pemilihan umum 2014, menarik perhatian Swedia. Negara Skandinavia itu menilai konflik yang terjadi di Aceh mencederai semangat demokrasi yang tengah dibangun oleh masyarakat provinsi ini.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Kedutaan Besar Swedia di Jakarta Edi saat berkunjung ke Sekolah Demokrasi Aceh Utara di Sepakat Trainig Centre, Minggu kemarin.

Menurut Edi, konflik dan kekerasan yang terjadi di Aceh dalam beberapa bulan terakhir ini sebenarnya merupakan tindakan yang tidak perlu.

“Seharusnya konflik yang terjadi saat ini tidak perlu terjadi sebab akan mencederai nlai-nilai demokrasi yang ada pada masyarakat Aceh,” kata Edi, dikutip dari acehkita.com, hari ini.

Edi menyebutkan, Swedia berharap Aceh yang baru saja terbebas dari konflik tak lagi dihantui oleh kekerasan politik. Hal ini penting untuk membangun daerah dan perekonomian masyarakat.

Single content advertisement top

Ia mencontohkan, di Swedia konflik tidak terjadi antarpartai menjelang pemilihan umum. Negara itu memiliki delapan partai yang memiliki platform dan ideologi yang berbeda satu sama lain. Namun, partai-partai bisa tumbuh secara berdampingan.

“Namun tak ada konflik yang bersifat fisik meskipun ada juga kelompok oposisi dalam parlemen nantinya,” tambah Edi.

Diplomat Kedutaan Besar Swedia di Jakarta berkunjung ke Sekolah Demokrasi Aceh Utara untuk mengetahui perkembangan demokrasi di Aceh, terutama menjelang pemilihan umum.

“Kunjungan ini selain menjalin hubungan baik antara SDAU dengan Kedutaan Swedia juga agar dapat melihat situasi politik Aceh saat ini menjelang pemilu,” kata Muhammad Usman dari Sekolah Demokrasi Aceh Utara. (ak/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Tank Hias Milik Partai Aceh Ditembaki OTK

Elemen Sipil di Aceh Dirikan Posko Keprihatinan Demokrasi

Related posts
Your comment?
Leave a Reply