3:11 pm - Jumat November 23, 6981

Dinas SI Diperintahkan Tutup LDII

105 Viewed Redaksi 0 respond

Langsa–Wakil Walikota Langsa Marzuki Hamid memerintahkan Dinas Syariat Islam Kota Langsa segera menutup aktivitas jamaah Lembaga Dakwah Islamiyah Indonesia (LDII) di Gampong Alue Dua Bangkaran Batu Kec Langsa Baro. Pasalnya, keberadaan lembaga tersebut masih tidak dibenarkan oleh MPU Aceh.

“Jadi sebelum MPU Aceh mencabut fatwa No 04 tahun 2004 itu, maka tetap tidak boleh beraktifitas,” ujar Marzuki Hamid kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN), Minggu,( 21/4) di sela-sela pertemuan dengan tokoh masyarakat Gampong Alue Dua Bangkaran Batu.

Menurutnya, dasar pelarangan aktivitas LDII di wilayah Kota Langsa itu karena fatwa MPU Aceh. Atas dasar inilah, Pemerintah Kota Langsa mengambil langkah tegas, dengan meminta Dinas Syariat Islam segera melakukan eksekusi, karena memang ini bagian dari tugas dan tanggung jawab lembaga teknis.

Kalau memang pihak LDII keberatan dengan kebijakan tegas  Pemko Langsa tersebut, maka silakan meminta klarifikasi kepada MPU Aceh. “Kalau besok MPU Aceh mencabut fatwa itu maka silakan membuka  kembali  aktifitasnya,” sebut Marzuki tegas.

Seperti diketahui, pada tanggal 28 September 2004 MPU Aceh mengeluarkan Fatwa Nomor 04 Tahun 2004 yang menyatakan aliran LDII bertentangan dengan ajaran Islam dan dilarang berkembang.

Single content advertisement top

Kepala Dinas Syariat Islam  Langsa, Ibrahim Latif mengatakan, selambatnya pada Rabu (24/4) pihaknya sudah membentuk tim, menindak lanjuti fatwa MPU untuk pembubaran aktivitas LDII Kota Langsa, di Gampong Bakaran Bate tersebut.

Tim ini tentunya akan melibatkan seluruh instansi vertikal terkait dan muspida plus, dan SK nya akan langsung diterbitkan oleh Pemko Langsa.

Sementara itu, Imam Gampong Bangkaran Batee Haji Nurpagi mengatakan,  sejak tahun 2011 lalu, pihaknya dengan tegas sudah menolak keberadaan mereka. Tapi mereka tidak ada wewenang membubarkan perkumpulan tersebut. “Untuk itu apapun keputusan pemerintah, kami tetap mengikuti dan mendukungnya,”ungkapnya. (ray)

Sumber: jpnn.com

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ustadz Habib Razieq Sampaikan Tablig Akbar di Kuta Blang Bireuen

Penghina Nabi Muhammad Kini Masuk Islam: Maafkan Saya…

Related posts
Your comment?
Leave a Reply