3:11 pm - Senin November 24, 0313

Dilanda Banjir, Puluhan Ribu Jiwa Mengungsi di Aceh Utara

380 Viewed Redaksi 0 respond
Hujan deras sejak jum'at lalu, sejumlah daerah/kecamatan di Aceh Utara banjir (kabar.com)

Aceh Utara–Sejumlah wilayah di Aceh terendam banjir hingga kedalaman tiga meter. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, banjir juga merusak lahan persawahan yang sudah ditanami padi.

Laporan di wilayah tengah dan timur Kabupaten Aceh Utara, banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak Minggu (7/2) hingga Senin (8/2) melanda enam kecamatan.

Kondisi terparah terpantau di Desa Buket Linteung Kecamatan Langkahan. Ketinggian air di desa pedalaman itu mencapai tiga meter dan ratusan warga terpaksa mengungsi.

“Kebetulan di dusun kami ada orang meninggal karena sakit. Jenazahnya harus dibawa dengan boat ke lokasi pemakaman, karena rumah duka dan jalan dikawasan itu ikut terendam banjir,” kata Kepala Dusun Lubok Muku, Desa Buket Linteung, A Bakar Kasem, seperti dilansir waspada online, hari ini.

Single content advertisement top

Kepala Seksi Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) Langkahan, Muzakir, menyebutkan banjir juga melanda desa tetangga Lubok Pusaka. Banjir merangkak naik pada Minggu malam dan meluas pada Senin (8/2).

“Data sementara, jumlah rumah terendam di dua desa itu sekira 517 unit, sementara yang mengungsi sekira 130 kepala keluarga atau sekira 342 jiwa,” sebutnya.

Muzakir memperkirakan jumlah pengungsi di wilayah timur Kabupaten Aceh Utara masih berpeluang bertambah karena posisi air sedang naik. Bahkan bila sebelumnya ketinggian air rata-rata 1 meter, Senin meningkat menjadi 1,5 meter.

Di wilayah tengah Aceh Utara, kecamatan yang terkena banjir antara lain Lhoksukon, Paya Bakong, Pirak Timu, Tanah Luas, dan Matangkuli. Kondisi terparah terjadi di Kecamatan Matangkuli dan Pirak Timu di mana ketinggian air mencapai 1 meter.

“Di desa kami ada sekira 85 KK yang sudah mengungsi ke meunasah dan masjid karena ketinggian air mencapai 1,5 meter,” kata Keuchiek Desa Hagu, Kecamatan Matangkuli, Muhammad Nasir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Munawar, menjelaskan data sementara diterima pihaknya banjir di Aceh Utara merendam 41 desa di lima kecamatan. Musibah itu memicu terjadinya pengungsian dengan jumlah sementara 2.969 KK atau 12.292 jiwa. (wol/pr)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Dua Pelaku Penculikan Sektaris ULP Kantor Gubernur di Door Polisi

Menteri Desa Tutup Gerakan Nusantara Mengaji di Banda Aceh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply