3:11 pm - Selasa November 22, 1222

Di Bom Usai Shalat Jumat ‘Bareng’, 30 Tewas 24 Terluka

329 Viewed Redaksi 0 respond

Baquba, Irak–Dua serangan bom yang hampir bersamaan terjadi di sebuah tempat shalat bersama umat Syiah dan Sunni di kota Baquba, Irak, Jumat (13/9/2013), menewaskan sedikitnya 30 orang.

Dua bom pinggir jalan meledak di luar Masjid Al-Salam, sebuah masjid Sunni di kota Baquba, yang hari itu digunakan sebagai lokasi shalat Jumat bersama umat Syiah dan Sunni.

Single content advertisement top

“30 orang tewas dan 24 orang lainnya terluka akibat ledakan dua bom,” kata Mayor Ahmed al-Azzawi, perwira AD Irak yang juga dokter di rumah sakit Baquba.

Baquba yang terletak 60 kilometer di sebelah utara Baghdad dan Provinsi Diyala merupakan wilayah yang sebagian besar warganya adalah Muslim Sunni.

Namun, di kawasan itu hidup pula pemeluk Syiah dalam jumlah yang signifikan serta kelompok minoritas Kurdi.

Kota Baquba sebelumnya dikenal sebagai salah satu kawasan paling stabil di Irak. Namun, pada Selasa (10/9/2013), tiga bom mobil mengguncang kota itu dan menewaskan 10 orang.

Gelombang kekerasan sektarian di Irak sepanjang 2013 telah menewaskan lebih dari 4.000 orang. Kondisi ini memicu kekhawatiran Irak akan kembali terseret dalam perang sektarian seperti terjadi pada 2006-2007.

Pemerintah Irak berusaha untuk mengatasi aksi kekerasan itu dengan operasi militer yang menargetkan kelompok-kelompok militan.

Pemeriksaan ketat hampir di seluruh sudut ibu kota Baghdad juga terus dilakukan. Namun, serangan demi serangan terus terjadi mengguncang sebagian besar wilayah Baghdad dan Irak. (kompas.com)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Junta Militer Mesir Larang 55 Ribu Imam Masjid Khutbah

Di Bangladesh, Pelajar Nyontek dipenjara…

Related posts
Your comment?
Leave a Reply