6:44 pm - Selasa November 21, 2017

Di Bangladesh, Pelajar Nyontek dipenjara…

323 Viewed Redaksi 0 respond

Bangladesh–Menyontek bagaimanapun caranya tetap tidak dibenarkan. Namun, bagaimana jika ada negara yang mengategorikan menyontek sebagai tindakan pidana? Tentu menjadi perdebatan.

Salah satu negara yang menganggap menyontek dalam dunia pendidikan sebagai ‘kejahatan’ adalah Bangladesh. Negara yang bertetangga dengan India ini tergolong negara yang masih banyak tertinggal dalam banyak hal. Namun satu hal yang bisa diperhatikan dari dunia pendidikan mereka. Pemerintahnya secara tegas mengambil tindakan hukum terhadap praktek kecurangan dalam ujian sekolah.

Bagi peserta didik yang berusia lebih dari 15 tahun bisa dipenjara, hanya karena berbuat curang dalam ujian akhirnya! Setiap tahun, pemerintah berusaha memberitahu para peserta didik secara besar-besaran, baik melalui media cetak maupun televisi.

Single content advertisement top

Kecurangan memiliki bagian tersendiri dalam KUHP Bangladesh. Selain hukuman bagi peserta didik, guru yang diketahui membocorkan soal ujian juga akan dipenjara. Waktu minimum hukuman penjaranya adalah lima tahun.

Di Bangladesh sendiri pernah terjadi kerusuhan mengenai hal ini, di mana ribuan peserta didik terindikasi berbuat curang yang melibatkan sejumlah guru saat ujian akhir sekolah. (islampos)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Di Bom Usai Shalat Jumat ‘Bareng’, 30 Tewas 24 Terluka

Protes Pemotongan Subsidi BBM, 700 Orang Ditangkap

Related posts
Your comment?
Leave a Reply