5:06 pm - Selasa November 21, 2017

Demi HP, Anak SMP ini Jual ‘Kiceng’

305 Viewed Redaksi 0 respond

PikirReview.ComSOSOK anak laki-laki yang berkulit hitam manis itu, masih berusia 13 tahun, namun cukup kreatif dan gesit dalam mengikuti perkembangan ekonomi keluarganya.

Itulah Muhajir, siswa kelas I SMP Negeri Kuata Makmur, anak sulung  M. Nasir (47), warga desa Guha Uleue, Kabupaten Aceh Utara, yang hampir sebulan terakhir mencoba mengais kiceng (sejenis tiram) untuk dijual kepada masyarakat yang melintasi jembatan.

Pada masa liburan sekolah, ia memilih menghabiskan waktunya untuk mencari Kiceng dan kemudian menjualnya ditepi jembatan, jalan yang membentang areal persawahan menuju desanya.

Single content advertisement top

Menurut Muhajir, dia lakukan itu untuk memenuhi ambisinya memiliki telepon seluler (HP). “Saya ingin sekali memiliki HP, tapi tidak ada uang, makanya saya menjual kiceng ini”, ujarnya berbinar.

Ia dan beberapa temannya mulai mencari kiceng di bantaran sungai seputaran desanya dari pukul 09.00 sampai 12.00 Wib, jika  hari libur sekolah.

Setelah kiceng didapat, Muhajir kemudian membawa kiceng ke jembatan yang terletak di tengah-tengah jalan yang membentangi areal sawah penduduk untuk dijualnya kepada pembeli yang lalu lalang.

Setumpuk kiceng dijual Rp. 5000. “Kadang-kadang dalam sehari bisa dapat Rp. 35.000 sampai Rp. 75.000”, ujar Muhajir kepada PikirReview ketika melintasi jalan desa tersebut, Sabtu (25/5/2013).

Ia menambahkan, dari hasi kiceng akan digunakan untuk jajanan sekolah, selebihnya ditabung untuk beli HP. Dia juga mengakui aktivitas mencari dan menjual kiceng memang hobbinya yang sudah dilakukan hampir sebulan lebih. (Enda)

 

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Aceh Utara Bakal Larang Perempuan Dewasa Menari

Jelang Ramadhan, Penjahit Peci Khas Aceh Kebanjiran Pesanan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply