3:11 pm - Sabtu November 22, 6949

Dana Untuk Wali Nanggroe Terancam Dicoret Kemendagri

310 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Kepala Biro Hukum Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Zudan Arif  menyatakan, Pemerintah Provinsi Aceh harus melaksanakan klarifikasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, terkait Qanun Aceh nomor 8 tahun 2012, tentang Lembaga Wali Nanggroe.

Karena, jika klarifikasi Mendagri tidak dilaksanakan, maka pemerintah pusat dapat mencoret pendanaan terkait pembentukan lembaga tersebut dari APBD.

Single content advertisement top

“Jadi sangat tidak elok bila Pemerintah Provinsi Aceh akan melantik Wali Nanggroe sebelum melaksanakan klarifikasi Mendagri tersebut. Pasti nantinya akan ada masalah,” kata Zudan dalam siaran pers di Jakarta, seperti dilansir jpnn.com, Senin (02/12),

Menurut Zudan, dalam klarifikasi yang tertuang dalam surat nomor 188.34/1644/SJ, tertanggal 1 April 2013 lalu, paling tidak terdapat 21 poin yang perlu dipenuhi Pemprov Aceh sebelum melantik Wali Nanggroe.

Pada intinya, Mendagri meminta agar pembentukan lembaga tersebut tidak menyalahi peraturan perundang-undangan yang berada di atasnya.

“Pemerintah pusat pada intinya tidak melarang pelaksanaan qanun, sepanjang materinya sudah disesuaikan dengan klarifikasi Mendagri,” katanya.

Zudan menambahkan, Kemendagri akan sangat sungguh-sungguh mengawasi perencanaan dan penyusunan APBD Provinsi Aceh yang terkait dengan operasionalisasi Wali Nanggroe.

Apabila masih dimunculkan anggarannya dalam APBD Provinsi Aceh, maka anggaran tersebut nantinya akan tetap dicoret oleh Kemendagri untuk disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. (swa/jpnn)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

MUI: Pekan Kondom Nasional Menyakiti Umat Islam

KPA: Milad GAM Ke-37 Diperingati Dengan Do’a Bersama

Related posts
Your comment?
Leave a Reply