8:14 am - Sabtu November 18, 2017

Dana Saksi Parpol 700 M Bukti Negara Amburadul

297 Viewed Redaksi 0 respond
single-thumb.jpg
FORMAPPI: Dana Saksi 700 M Bukti Negara Amburadul

Sabatian Salang, Kordinator FORMAPPI (image: siaga.co)

Jakarta–Ketua Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (FORMAPPI), Sebastian Salang menyayangkan rencana pemerintah menggelontorkan uang sekitar Rp 700 Miliar melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mendanai saksi partai politik di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sebastian menganggap uang sebanyak itu haruslah melalui mekanisme yang jelas.

“Sekarang saja tidak ada yang mau mengaku, antara Bawaslu dan pemerintah siapa yang pertama mengusulkan, mustahil tidak ada yang mengusulkan,” ujarnya saat ditemui di sela-sela Diskusi Publik, ‘Mendorong Akuntabilitas Poltik parpol, Caleg, Capres dan Cawapres Dalam Pemilu 2014’ di Hotel Balairung, Jakarta Timur, yang dilansir tribunnews, Selasa (28/01).

Single content advertisement top

Ia pun tidak menemukan satupun dasar hukum yang mengatur saksi yang diajukan parpol berhak menerima dana dari pemerintah, yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Jika ada parpol yang menerima uang saksi itu, maka bisa dipastikan partai tersebut akan mendapat masalah.

“Ini kan bukti kalau pengelolaan keuangan negara amburadul. Sebelum-sebelumnya tidak dibahas kok tiba-tiba menjelang pemilu dikeluarkan uang,” tuturnya.

Partai sudah tentu dengan senang hati jika diberikan uang itu. Kata Sebastian di partai umumnya biaya saksi dibebankan ke masing-masing Calon Anggota Legislatif (Caleg). Jika negara membiayai, Caleg tak perlu pusing-pusing membiayai saksi.

Kalau pun niat pemerintah membiayai saksi untuk mengurangi biaya politik sehingga mampu mengurangi potensi korupsi, Sebastian menganggap langkah tersebut keliru. Pasalnya untuk menciptakan pemilu yang bebas dari potensi politik transaksional, tidak bisa dilakukan dengan kebijakan pembiayaan saksi partai.

“Kalau mau menata sistem pemilunya membereskan pendanaan partai, harus ada desain yang jelas, tidak parsial seperti ini,” ujarnya. (trb/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Wah…Ada 6.550 Juta Pengawas Parpol Dibiayai Negara

Jika Pemeriksaan Anas Tak Sesuai Aturan, Buyung Siap Lawan KPK

Related posts
Your comment?
Leave a Reply