3:11 pm - Kamis November 23, 4569

Dana Kampanye Partai Peserta Pemilu Siap Ditelusuri PPATK

120 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mendapat bantuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), untuk menelusuri dana kampanye partai peserta pemilu dan calon legislatif. Hal ini untuk mengetahui dugaan tindak pidana pencucian uang.

“Pada dasarnya kita siap menelaah itu. Karena memang teknologi yang ada pada kami, bekerjasama dengan seluruh penyedia jasa keuangan. Kami punya kemampuan untuk itu,” ujar Zulkarnaen Adhinegara, Direktur Kerjasama dan Humas PPATK, Rabu (18/12/2013).

Menurut Zulkarnaen, untuk menelaah dana kampanye, PPATK tidak hanya bekerjasama dengan penyedia jasa keuangan seperti perbankan, tapi juga penyedia jasa keuangan non-bank, maupun penyedia barang dan jasa untuk memberikan informasi jika dimintakan.

Penelusuran aliran dana kampanye caleg DPR, DPD dan DPRD Provinsi, Kabupaten atau Kota dilakukan berdasarkan informasi mereka yang diberikan KPU kepada PPATK. Menurut Zulkarnaen, teknologi informasi yang dimiliki PPATKmemungkinkan menelusuri transaksi keuangan setiap warga negara.

“Ini perlu kita pahami sebagai sebuah upaya dari KPU dan kitaPPATK sebagai warga negara untuk menjadikan pemilu yang bersih dan terhindar dari money politic dan kecurangan-kecurangan yang berkaitan dengan transaksi keuangan,” katanya.

Single content advertisement top

Agar lebih mudah, kata Zulkarnaen, KPU tak cukup memberi informasi caleg dan parpol, tapi juga menyerahkan nomor rekening mereka. Dengan begitu, upaya menelusuri dana kampanye bisa lebih sempit ruangnya, dan ini bisa menjadi petunjuk bagi PPATK untuk menelusuri nama-nama itu.

Hasil pembahasan yang nantinya akan bermuara pada kerja sama KPU dan PPATK, salah satunya kontennya adalah pertukaran informasi. PPATK tak segan memberi informasi soal aliran dana kampanye caleg kalau memang dibutuhkan KPU, tetap berdasar perundang-undangan.

Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, mengamini bahwa salah satu konten kerja sama menyoal tukar menukar informasi. Dalam pembahasan tadi juga menyoal permintaan PPATK agar calon legislatif menyerahkan nomor rekening. Kendati begitu,PPATK juga harus mengikuti UU No 8 Tahun 2012 tentang pemilu.

“Khusus parpol dan caleg DPD RI betul-betul dibebankan dan diwajibkan untuk menyerahkan rekening khusus dana kampanye dan itu akan kita serahkan pada PPATK. Namun terkait caleg DPR dan DPRD saya yakin ada cara-cara yang tersistematis dan terukur oleh PPATK,” ucap Ferry.

KPU berharap, PPATK dapat menelaah dana kampanye caleg. Sementara permintaan PPATK untuk menyerahkan biodata caleg baik DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, Kabupaten atau Kota akan dipenuhi KPU. (tribunnews)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Loyalis Anas Berkicau: Villa Damanik Bukti KPK Korup

Megawati Ajak Perempuan Terlibat Dalam Kancah Politik Nasional

Related posts
Your comment?
Leave a Reply