8:11 am - Sabtu November 18, 2017

Columbia Akan Beri Pelatihan Bagi Kombatan GAM

122 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Direktur Program Penguatan Perdamaian dan HAM dari Universitas Columbia, Amerika Serikat, David L Philips dan Gubernur Aceh Zaini Abdullah membahas program pelatihan untuk mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Banda Aceh, menyatakan menyambut baik program pelatihan bagi mantan kombatan GAM dan kegiatan tersebut sejalan dengan pemerintah untuk menjaga perdamaian dan meningkatkan pembangunan.

Single content advertisement top

“Program itu bertujuan mengembalikan fungsi eks kombatan sebagai masyarakat dan mendapatkan hak yang sama dengan rakyat Aceh lainnya. Kita mendukung  karena juga sejalan dengan program Pemerintah Aceh yakni menjaga perdamaian dan meningkatkan pembangunan,” katanya menambahkan, Jumat (10/1)

Didampingi Karo Humas Sekda Aceh Nurdin F Joes, Gubernur menjelaskan dalam pertemuan tersebut juga dibicarakan masalah lingkungan hidup, dan penguatan perempuan di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Pada pertemuan Gubernur Aceh dengan Direktur Program Penguatan Perdamaian dan HAM dari Universitas Columbia, Amerika Serikat David L Philips juga dihadiri Wali Nanggroe Malik Mahmud Al-Haytar.

Gubernur menjelaskan bahwa keistimewaan yang diberikan untuk Aceh saat ini merupakan perjuangan panjang dari seluruh masyarakat di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Menjawab pertanyaan tentang perempuan Aceh, Zaini Abdullah menjelaskan bahwa kaum perempuan di Aceh sejak dahulu mendapat kedudukan yang tinggi, baik sebagai pemimpin maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Bahkan, Gubernur mengatakan Aceh pernah dipimpin oleh beberapa Sulthanah (perempuan) dan melahirkan laksamana laut wanita pada 1500-an yang dengan keberaniannya berhasil memukul mundur pasukan Portugis. (ant/wol)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Masyarakat Indonesia Timur Geruduk DPR Tuntut Ruhut Mundur

Awas Mafia Pajak Penipu Gentayangan di Aceh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply