Dunia

China Siap Perang Dengan AS


Beijing–Koran resmi pemerintah Cina, Senin (25/5), menulis perang Cina dengan Amerika Serikat terkait Laut Cina Selatan tidak dapat dihindari kecuali AS berhenti menuntut Cina menghentikan pembangunan pulau di wilayah laut bersengketa itu.

“The Global Times”, tabloid nasionalis berpengaruh milik koran resmi Partai Komunis Cina “Harian Rakyat”, dalam tajuknya menyatakan Cina bertekad menyelesaikan pembangunan tersebut, dengan menyebutnya inti terpenting.

Tajuk tersebut muncul di tengah peningkatan ketegangan atas pengurukan oleh Cina di Kepulauan Spratly, Laut Cina Selatan. Cina pekan lalu mengatakan sangat tidak senang setelah pesawat mata-mata AS terbang di atas pulau karang tersebut. Cina harus menyiapkan secara hati-hati terkait kemungkinan perang dengan Amerika Serikat, kata surat kabar itu.

“Jika kepentingan Amerika Serikat adalah menginginkan Cina menghentikan kegiatannya, maka perang AS-Cina tidak bisa dihindari di Laut Cina Selatan,” kata surat kabar itu, seperti dilansir antara, hari ini.

Tanggapan tersebut bukan pernyataan kebijakan resmi, namun terkadang dipandang sebagai cermin pemikiran pemerintah. “The Global Times” adalah salah satu surat kabar paling nasionalis di Cina. (ant/pr)

Editor: Muhajir AF


Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *