3:11 pm - Kamis November 23, 4575

Buron 2 Tahun, Mantan Dirut TVRI Ditangkap Kejagung

325 Viewed Redaksi 0 respond
Terpidana Sumita Tobing Ditangkap

Sumita Tobing, mantan Dirut Perjan TVRI (teraslampung)

Jakarta–Kejaksaan Agung menangkap terpidana kasus korupsi pengadaan peralatan siar TVRI senilai Rp 12,5 miliar Sumita Tobing. Mantan Direktur Utama Perjan TVRI itu sebelumnya di vonis penjara selama 1 tahun 6 bulan oleh Mahkamah Agung (MA).

Kapuspenkum Setia Untung Arimuladi mengatakan Sumita Tobing ditangkap di kawasan SCBD. Sebelumnya, Sumita sempat menjadi buron sejak 2012 lalu. “Tim Kejagung telah menangkap DPO asal Kejari Jakarta Pusat yakni mantan Dirut Perjan TVRI,” ujarnya, seperti diberitakan inilah.com, Kamis (13/03).

Ari melanjutkan, Sumita ditangkap sekitar pukul 11.50 WIB. Ia menegaskan, yang bersangkutan telah terbukti secara sah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dalam pengadaan peralatan siar TVRI yang merugikan negara sebesar Rp12,4 miliar.

Single content advertisement top

Sementara pengacara Sumita Tobing, Erick S Paat mengakui jika kliennya ditangkap oleh tim Kejagung pada Kamis Siang. Menurutnya saat ini kliennya sudah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Tangerang.

Ia juga menjelaskan, sebelumnya, dalam putusan di tingkat pertama yakni di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 12 Februari 2009, Sumita divonis bebas dan tidak terbukti bersalah dalam perkara korupsi pelelangan barang di TVRI. Atas putusan tersebut kejaksaan mengajukan kasasi.

Permasalahan muncul karena diduga ada dua putusan kasasi, yakni versi laman MA yang muncul pada 28 Agustus 2009, dan putusan 1,5 tahun penjara yang diputus majelis hakim yang dipimpin Artidjo Alkostar pada 6 Januari 2011.

“Tadi saya sempat kontak, ditahan di LP Tangerang. Seharusnya sesuai dengan nomor perkara 827, klien saya bebas. Tapi kemudian ada nomor perkara baru 826 klien saya divonis,” tandasnya. (inilah/pr)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Polri Didesak Penjarakan Pejabat Yang Loloskan Honore K2 ‘Siluman’

Related posts
Your comment?
Leave a Reply