3:11 pm - Senin November 23, 6826

Bulan Depan Pajak Mobil Mewah Naik

360 Viewed Redaksi 0 respond
Pajak Mobil Mewah Naik

Bulan depan pajak Mobil mewah seperti lamborgini dan ferari naik (image: tribun)

Jakarta–Setelah molor cukup lama, akhirnya payung hukum kenaikan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil mewah diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mobil mewah dengan kapasitas mesin di atas 2.500 cc, misalnya Lamborghini atau Ferrari, kini pajak penjualannya mencapai 125 persen.

Dulu, PPnBM yang dikenakan untuk mobil langsung diimpor (Completely Built Up/CBU) cuma 75 persen, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 41/2013. Kini, beleid ini resmi direvisi.

Selain diumumkan lewat akun Twitter resmi SBY hari ini, Jumat (21/3), Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro juga membenarkan kebijakan itu sudah disetujui kepala negara. Secara efektif, beban pajak yang lebih besar buat pemilik mobil mewah ini berlaku bulan depan.

“Seharusnya sudah beres (ditandatangani). Dampaknya mengurangi impor mobil mewah,” ujarnya di Kementerian Keuangan, seperti dilansir merdeka.com.

Kebijakan ini sudah diwacanakan sejak Juli tahun lalu. Prosesnya molor karena mekanisme pengesahan revisi Peraturan Pemerintah di Sekretariat Negara, serta harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM.

Single content advertisement top

Bambang belum mau berkomentar apa dampak jangka pendek yang bakal terlihat selepas beleid ini berlaku. Dia juga tidak khawatir kemacetan justru meningkat, ketika orang kaya pemilik mobil mewah beralih membeli kendaraan roda empat biasa.

“Biarin saja (kalau beralih beli mobil biasa). Kita kan tujuannya bukan masalah penerimaan (negara) tetapi mengurangi mobil-mobil yang tidak terlalu diperlukan,” kata mantan Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal ini. (mdk/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Nelayan Aceh Dapat Bantuan KKP Rp 74,6 M

Hatta Rajasa: Atasi Listrik Aceh, Pembangunan PLTD Nagan Raya Dipercepat

Related posts
Your comment?
Leave a Reply