8:55 pm - Selasa November 21, 2017

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Aceh Triwulan-II 2014 Sebesar 0,97%

417 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi (bisnisaceh)

Banda Aceh–Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh mencatat pertumbuhan ekonomi di provinsi itu pada triwulan II-2014 sebesar 0,97 persen.

“Pertumbuhan ekonomi 0,97 persen itu dengan migas. Kalau pertumbuhan ekonomi tanpa migas mencapai 1,32 persen,” kata Kepala BPS Provinsi Aceh Hermanto di Banda Aceh, seperti dilansir antaraaceh, kemarin

Menurut Hermanto, hal ini berbeda jika dibandingkan dengan triwulan I-2014. Di mana pertumbuhan ekonomi Aceh di sektor migas justru lebih tinggi dibandingkan tanpa migas.

Jika dibandingkan dengan triwulan I-2013 atau year on year, kata dia, ekonomi Aceh pada triwulan II-2014 mengalami pertumbuhan sebesar 3,69 persen.

Hermanto menyebutkan pertumbuhan ekonomi tersebut dicatat berdasarkan produk domestik regional bruto (PDRB) Aceh. Nilai PDRB Aceh dengan dengan migas pada triwulan II-2014 Rp28,18 triliun. Sedangkan tanpa migas hanya Rp24,67 triliun.

Single content advertisement top

Ia menjelaskan PDRB menurut lapangan usaha terdiri sembilan sektor. Pada triwulan II-2014 ada tujuh sektor yang tumbuh positif. Sedangkan dua sektor lainnya, yakni sektor pertanian dan sektor pertambangan dan penggalian tumbuh negatif.

Hermanto menambahkan, sektor pertanian turun 1,07 persen serta sektor pertambangan dan penggalian turun 0,99 persen.

“Terjadinya penurunan di sektor pertanian disebabkan pergeseran masa panen sejak beberapa tahun terakhir. Sedangkan sektor pertambangan dan penggalian turun karena dipengaruhi menurunnya produksi migas Aceh,” ungkap dia.

Sedangkan sektor yang tumbuh positif terbesar adalah sektor keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan mengalami pertumbuhan 6,71 persen.

Kemudian, sektor listrik, gas, dan air tumbuh 4,65 persen, dan sektor perdagangan, hotel, dan restoran tumbuh 2,75 persen.

“Sementara itu, sektor industri pengolahan, sektor konstruksi, sektor pengangkutan, serta sektor jasa, juga mengalami pertumbuhan yang cukup baik, berkisar 0,41 persen hingga 2,19 persen,” kata Hermanto. (ant/pr)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

Saat Panen Kurma di Madinah, Terkendala Tenaga Kerja.

Pertamina Kembali Normalkan Pasokan BBM ke SPBU

Related posts
Your comment?
Leave a Reply