3:11 pm - Rabu November 23, 4540

BLUD: Rumah Sakit Jiwa Aceh Over Kapasitas

473 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Pemimpin Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh, Amren Rahim mengatakan, saat ini kendala utama yang dihadapi oleh pihaknya adalah kelebihan kapasitas antara jumlah pasien dan ketersediaan fasilitas di rumah sakit tersebut. “Over kapasitas adalah kendala kita saat ini,” katanya, seperti dilansir Waspada Online, Kamis (22/8)

Ia menerangkan, daya tampung RSJ Aceh saat ini adalah untuk menampung 340 pasien, namun jumlah pasien yang ada di rumah sakit ini mencapai antara 700 hingga 800 orang. “Perlu ada upaya yang solutif untuk mengatasi hal ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tingginya jumlah pasien RSJ di Aceh disebabkan oleh besarnya prevalensi gangguan jiwa masyarakat Aceh. “Umumnya prevalensi jiwa lebih banyak dialami oleh masyarakat yang secara ekonomi dapat dikatakan lemah,” sebutnya.

Karenanya, lanjut Amren, dengan adanya program yang akan dilaksanakan oleh istri Wakil Gubenur Aceh dalam hal pemberdaan ekonomi mantan pasien RSJ mandiri, diharapkan hal tersebut dapat mengurangi prevalensi gangguan jiwa bagi pasien yang sudah dinyatakan sembuh.

Single content advertisement top

“Untuk di RSJ Aceh sendiri, kita telah kembangkan beberapa program sebagai solusi mengatasi tingginya prevalensi gangguan jiwa,” tukasnya.

Beberapa program yang akan dijalankan nantinya, tambah Aren adalah metode Discard planning dan kis manager. “program ini kami adopsi dari beberapa wilayah di Indonesia yang telah berhasil menjalankan program serupa,” paparnya.

Ia mengharapkan, dengan akan berjalannya kedua program tersebut, nantinya persoalan gangguan jiwa di Aceh pelan-pelan dapat diatasi. “Kita pelan-pelan, dan terus kita coba apa yang terbaik,” tukasnya.

Persoalan dana untuk pasien RSJ, sambungya, pihaknya tidak menemui hambatan dan kendala. “Untuk dana perobatan dan perawatan pasien RSJ tidak ada masalah, karena di Aceh adalah fasilitas Jaminan Kesehatan Aceh, Jaminan Kesehatan Nasional dan juga Jamkesmas,” tandasnya. (WOL)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Dua Bayi ‘Kembar Lima’ Meninggal Dunia

FOKUS & FORA Sesalkan Keputusan BKSDA Aceh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply