12:41 pm - Senin November 20, 2017

Berkebun, Cara Sehat Turunkan Berat Badan

286 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Penelitian mengungkapkan, berkebun tak hanya dapat meningkatkan semangat hidup karena menimbulkan kebahagiaan, tapi aktivitas luar ruang ini membantu hidup sehat dan menjaga berat badan tetap stabil.

Tim dari Universitas Utah membandingkan statistik dari hampir 200 pria dan wanita selama setahun. Mereka memiliki fasilitas kenyamanan yang sama seperti memiliki taman dan status ekonomi yang sama.

Hasilnya, kelompok laki-laki yang tidak mendayagunakan tamannya untuk kegiatan bercocok tanam memiliki kemungkinan lebih besar 62% mengalami berat badan atau obesitas, sementara wanitanya sebesar 46% dibanding mereka yang aktif mengisi tamannya dengan tanaman.

Dampak positif ini paling banyak dirasakan oleh mereka pasangan suami-istri.

“Karena berkebun setidaknya membuat mereka sibuk dan harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjaga lahan mereka agar tetap terlihat bagus dan rindang,” kata Peneliti Utama,Profesor Zick, seperti dikutip dari dailymail.

Single content advertisement top

Georgie Willock dari Perhimpunan Perkebunan Nasional mengatakan, sejumlah gerakan dalam berkebun pun dianggap memiliki nilai kebugaran yang sama ketika melakukan gerakan-gerakan aerobik.

Misalnya saat menggali, ini akan membuat pergerakan sendi-sendi tulang menjadi fleksibel. Belum lagi manfaat kesehatan yang diperoleh dari sinar matahari yang memberi vitamin D karena biasanya jam sibuk berkebun adalah pagi dan sore hari yang sinar matahari masih baik untuk kesehatan, serta udara yang masih bagus untuk dihirup menyehatkan pernafasan.

Sementara berkebun juga membantu seseorang untuk mengendalikan berat badannya dan menjalani pola makan yang sehat karena menanam sendiri sayur mayur dan buah-buahan untuk dikonsumsi sehari-hari hasilnya akan lebih sehat dan bebas dari penggunaan bahan kimia yang berlebihan. [mor]

Sumber: inilah.com

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

LPKN Kota Lhokseumawe Adakan Aneka Lomba

Terpilih Miss Kidzania 2013!

Related posts
Your comment?
Leave a Reply