3:11 pm - Senin November 25, 3720

Bener Meriah dan Aceh Tengah Terisolir Akibat Gempa

277 Viewed Redaksi 0 respond

Takengon—Sejak tadi sore, Selasa (02/7) sekitar pukul 16.00 WIB hingga berita ini diturunkan, Rabu (03/7), masyarakat di dua kabupaten; Aceh Tengah dan Bener Meriah, provinsi Aceh terisolir akibat 3 kali gempa yang masing-masing berkekuatan 6,2 SR, 5,5 SR dan 5,3 SR.

Laporan terkini wartawan PikirReview.Com, Khairu S dan Awaluddin  di lapangan yang ikut bersama rombongan gabungan Polres Aceh Tengah untuk memberi bantuan tanggap darurat menyebutkan bahwa longsor akibat gempa terjadi dimana-mana dan tiang lintrik bertumbangan.

Lebih dari 10 titik longsor ditemukan di berbagai kecamatan dalam wilayah Bener Meriah dan Aceh Tengah. Kondisi kerusahan bangunan di Kabupaten Bener Meriah, 85% rata dengan tanah. Demikian juga keadaan di Wilayah Aceh Tengah, hampir 60% tidak berbentuk lagi.

Di Bener Meriah, terdapat 3 kecamatan yang berdekatan dengan lokasi titik gempa benar-benar terisolir dan warga masyarakatnya pasrah dengan keadaan, karena tidak tahu mau kemana dan tidak bisa kemana-mana akibat jalan terputus.

Single content advertisement top

Sementara kecamatan-kecamatan lainnya, masih bisa dilalui melalui jalan setapak, dan tidak bisa dilewati melalui sepeda motor, apalagi mobil. Jalan nasional yang menghubungkandari Kabupaten Bireuen ke Bener Meriah dan Aceh Tengah putus total akibat longsor dan tumbangan  pohon dan tiang listrik

Stok persediaan kebutuhan makanan dan obat-obatan di sejumlah kecamatan dalam kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah yang terisolir tidak ada lagi, karena tidak bisa dikrim melalui jalan darat.

Demikian juga dengan evakuasi para korban yang tertimbum bangunan rumah, masjid dan pertokoan belum bisa dievakuasi. Korban luka-luka, patah kaki, patah tangan belum mendapat perawatan selayaknya. Sementara jumlah korban jiwa, juga belum bisa dipastikan karena malam hari turun hujan deras hingga pukul 00.00 dini hari.

Saat ini, warga masyarakat Bener Meriah dan Aceh Tengah terisolir, bantuan tanggap darurat melalui jalan darat dari arah Bireuen tidak bisa dilalui. Harapan masyarakat di dua kabupaten terkena gempa yang paling parah tersebut agar pemerintah pusat dapat segera turun tangan. (khairu)

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Aceh Kembali Diterpa Gempa Susulan Dua Kali

Duka Anak-Anak di Lokasi Gempa

Related posts
Your comment?
Leave a Reply