12:23 am - Selasa November 21, 2017

Bendera Aceh Diturunkan, Warga Datangi Polsek

287 Viewed Redaksi 0 respond

Aceh Utara–Sejumlah warga dan anggota KPA di Kecamatan Meurah Mulia Aceh Utara mendatangi Polsek Meurah Mulia untuk meminta kembali Bendera Aceh telah diturunkan oleh TNI dari Komando Distrik Militer (Kodim) Aceh Utara disepanjang jalan line pipa pada malam hari, Minggu (4/8), malam sekira pukul 21: 30 Wib.

Warga yang mendatangi Polsek Meurah Mulia ba’da sholat tarawih menunggu hingga sahur dini hari, Senin (05/8), dan mereka meminta kembali bendera yang telah diturunkan oleh pihak TNI.

Single content advertisement top

Atas permintaaan warga dan anggota KPA wilayah kecamatan Meurah Mulia, maka bendera yang telah diturunkan itu kemudian diserahkan kembali oleh pihak kepolisian kepada warga untuk dibawa pulang.

Seperti diketahui beberapa pekan lalu pemerintah Aceh berencana untuk mengibarkan bendera bulan bintang disamping bendera merah putih pada 15 Agustus mendatang, dalam rangka peringatan sewindu penandatanganan perdamaian antara RI dan GAM di Helsinki.

Rencana pengibaran bendera Aceh itu mendapat respon dari pemerintah pusta, karena bendera Aceh masih dianggap ‘momok’ oleh pemerintah pusat karena mirip bendera GAM. Atas alasan ini, Pangdam IM melarang bendera Aceh berkibar pada 15 Agustus mendatang, bila berkibar akan diturunkan secara paksa.

Dengan berbagai pertimbanga, kemudian Gubernurt Aceh, Zaini Abdullah membatalkan dan mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengibarkan bendera Aceh pada peringatan 9 tahun perdamaian GAM dan RI.

Pasca intruksi Pangdam IM, kemudian pihak keamanan dalam beberapa pekan terakhir menyisir bendera bulan bintang yang telah berkibar sejak disahkan Qanun No 3 Tahun 2013 tentang bendera dan lambang Aceh oleh DPRA di berbagai wilayah Aceh.

Hingga saat ini, walaupun pemerintah pusat dan pemerintah Aceh telah memperpanjang masa tenang (colling down) polemik bendera Aceh dua bulan ke depan, namun pihak keamanan juga sedang gencar-gencarnya menyisir dan menurunkan bendera bulan bintang di sejumlah wilayah Aceh. (fohan)

Editor:  Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Pemerintah Perpanjang Masa Tenang Soal Bendera Aceh

Di Aceh Utara, H-3 Lebaran Avanza Nabrak 5 Pengendera Sepeda Motor

Related posts
Your comment?
Leave a Reply