3:11 pm - Rabu November 24, 7858

Beberapa Kiat Memupuk Harga Diri

328 Viewed Redaksi 0 respond

JULIO Iglesias, penyanyi bersuara emas asal Spanyol, ternyata dulu sempat menjadi pemain soccer profesional. Namun sebuah kecelakaan mobil yang dialami mengakibatkannya lumpuh dari pinggang ke bawah yang akhirnya mengakhiri profesi ini.

Selama menjalani terapi di rumah sakit, seorang juru rawat yang merasa kasihan padanya memberinya sebuah gitar. Padahal saat itu Julio tidak beraspirasi musik. Ternyata, setelah pulih kembali ia berhasil menjadi seorang penyanyi terkenal.

Bagaimana orang seperti Julio yang pernah menderita akhirnya bangkit kembali bahkan berhasil sampai ke puncak ketenarannya?

Menurut para psikolog, faktor utama keberhasilan seseorang menyangkut harga dirinya – kombinasi rasa percaya diri dan rasa hormat diri. Semua itu akan memperkuat diri seseorang untuk terus maju. Harga diri bisa menumbuhkan segalanya.

Harga diri bisa mempengaruhi hubungan kita dengan pasangan hidup, dengan teman, dan juga kemampuan kita menjadi orangtua. Perasaan menurunnya harga diri tidak perlu terus-menerus berkelanjutan karena ada cara untuk meningkatkan dan memperkuatnya.

Single content advertisement top

Seperti dilansir intisari online, barangkali kiat berikut ini bisa membantu meningkatkan rasa harga diri Anda.

  • Berusahalah semaksimal mungkin
    Banyak orang suka mengecilkan diri. Yang paling diperhatikan malah kekurangan-kekurangannya. Padahal, langkah pertama untuk memperkuat harga diri adalah berhenti berkeluh kesah tentang diri kita dan memanfaatkan potensi yang kita miliki.
  • Berani ambil risiko
    Tak ada yang lebih baik daripada menerima tantangan baru dan mengatasinya. Cobalah melaksanakan rencana yang sudah lama ditunda-tunda. Mengambil tindakan nyata akan membantu seseorang memperbaiki persepsi pengendalian dirinya dan mengurangi rasa ketakberdayaan. Perasaan berhasil walau kelihatan hanya sepele, bisa mendorong rasa optimistis dan keinginan untuk tetap meneruskannya.
  • Sikap optimistis
    Banyak orang suka berpikiran negatif. Lebih baik untuk berpikir positif. Jangan terus mencaci maki diri kalau kita membuat kesalahan. Tapi coba bisikkan suatu ungkapan menghibur diri.
  • Beralihlah dari negatif ke positif
    Kehidupan acap kali membawa kemunduran bagi seseorang. Namun, kuncinya adalah mengubah hal yang menyakitkan atau menyedihkan ke suatu yang menguntungkan.
  • Jangan mudah menilai orang. Kurangnya harga diri membuat orang mudah mengkritik orang lain. Dengan menilai orang lain secara positif, tentunya akan berhasil mendapatkan teman banyak dengan mudah.
  • Carilah hubungan untuk memperkaya diri
    Pikirkan tentang orang yang kita banggakan, pelajari bagaimana orang itu melakukan pekerjaannya dan coba untuk memikirkan kebiasaan apa yang bisa kita tiru.
  • Maafkan diri Anda. Semua orang pasti pernah gagal. Namun, banyak di antaranya yang terus mencaci maki dirinya. Tanggapan emosional ini membuat kita masuk ke dalam lingkaran rendah diri yang tidak akan menghasilkan apa pun yang baik. Orang perlu memaafkan diri. Jangan mendiamkan suatu kegagalan, tapi cobalah untuk mengenyahkannya.

Mudah-mudahan kiat-kiat tersebut dapat memperkuat harga diri Anda, sehingga Anda dapat hidup lebih bahagia. (Intisari)

Editor: SNA

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

“Aku” dan “Saya” Penyebab Depresi

WHO: Kekerasan Perempuan Epidemi Global

Related posts
Your comment?
Leave a Reply