2:22 pm - Sabtu September 23, 2017

Bea Cukai Aceh Sita Gula Illegal Senilai 700 Juta

355 Viewed Redaksi 0 respond
Gula Illegal (ilustrasi: habadaily)

Banda Aceh–Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) provinsi Aceh menyita 60 ton lebih Gula pasir  illegal selama 6 bulan terakhir di tahun 2015.

Kakanwil Dirjen Bea dan Cukai (DJBC ) Aceh, Saipullah Nasution mengatakan,  selama enam bulan terakhir DJBC Aceh berhasil menangkap dan menyita 60 ton Gula Illegal senilai Rp 700 juta lebih yang jika dikaitkan  dengan perkiraan bea masuk sebesar Rp 50 juta lebih.

Single content advertisement top

Gula selundupan melalui pelabuhan Balohan Sabang ke Banda Aceh ini proses penangkapannya terjadi selama 29 kali penindakan. Atas tindakan penyelundupan gula Illegal tersebut, dikatakan Saipullah, Negara dirugikan sebesar 150 juta  lebih baik dari segi Bea masuk, PPN maupun PPH.

“Tidak hanya itu, Gula Ilegal yang tertangkap ini juga dianggap melanggar ketentuan Menteri Perdagangan RI.  Sebab secara prosedur, impor gula yang masuk ke indonesia harus ada izin persetujuan Import dari Menteri Perdagangan Republik Indonesia,” jelas Saipullah, seperti dilansir rri.co.id, Selasa (24/11).

Untuk kasus gula Illegal ini sampai bulan November 2015 tidak ada pelaku yang bisa dijadikan tersangka untuk didakwa, karena kasus ini tidak terkait dengan tindak Pidana, namun pihak DJBC hanya Meminta pemilik Gula untuk melengkapi Dokumen Administrasi terutama yang berkaitan dengan Import.

“Kami akan menyerahkan semua  jenis barang sitaan baik gula maupun beras depada Dinas perdagangan Aceh, selanjutnya disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, karena ini sebagai bagian upaya dari mendukung program Pemerintah, khususnya kebutuhan sembako bagi masyarakat miskin,” ungkap Saipullah Nasution, menjawab RRI Mau dikemanakan gula illegal yang disita itu. (rri/pr)
Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Anggota DPD Aceh Siap Kirim Petisi Umat Islam Ke Presiden

Pemerintah Aceh Dukung 5 November Hari Tsunami Dunia

Related posts
Your comment?
Leave a Reply