3:38 pm - Jumat Agustus 18, 2017

Banda Aceh Heboh Temuan Koin Emas Peninggalan Sejarah

5712 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh— Warga Banda Aceh dihebohkan dengan temuan koin emas peninggalan Kerajaan Aceh masa lalu di Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja ,Banda Aceh.

Informasi yang dihimpun pikirreview.com, Selasa (12/11), penemuan ‘harta karun’ koin emas tersebut berawal ketika seorang perempuan paruh baya mencari tiram di muara Sungai Daroy (Kreung Aceh), kemarin siang.  Saat dia mengais-ngais lumpur menemukan sebuah tong besar dalam lumpur.

Karena penasaran, perempuan itu mengetok dan mencongkel hingga tong besar (peti) tersebut terbuka. Betapa kagetnya, ketika dilihat dialam peti itu berisi koin emas yang bertuliskan aksara arab.

Kabar koin emas di muara sungai Aceh itu begitu cepat tersebar melaui mulut-kemulut. Hingga siang hari tadi, terlihat sangat ramai warga Kota Banda Aceh dan sekitarnya memadati muara sungai Daroy tersebut.

Single content advertisement top

Para warga Ada yang sekedar menonton saja, dan ratusan orang turun ke muara sungai untuk mencari koin emas yang berhamburan saat dibuka kemarin dari petinya.

Menurut sejarah, memang Gampong Pande, arah barat Lampaseh Koata itu termasuk salah satu wilayah pusat kerajaan Aceh masa lalu, yakni pada masa Raja Meukueta Alam.

Banyak benda-benda antik dari emas peninggalan sejarah yang ditemukan warga sebelum tsunami menghantam Aceh. Uniknya, lagi baru dua hari berita temuan koin emas ini, para kolektor benda-benda bersejarah sudah berjejeran di pinggir jalan dan siap menampung emas kuno itu. (muh)

 

 

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Hindari Bentrok Fisik Dengan Warga, Polisi Gagal Eksekusi Kayu Ilegal

Pedang VOC Bergagang Emas Ditemukan di Rawa Muara Sungai Daroy

Related posts
Your comment?
Leave a Reply