3:11 pm - Senin November 23, 9226

Bagi Pengungsi Gempa Gayo, Idul Fitri 2013 Tak Ada Kemeriahan

291 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Gempa 6,2 SR yang mengguncang Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah 2 Juli lalu, masih menyisakan pilu mendalam. Bahkan saat hari kemenangan bagi kaum muslim tiba, tak ada kemeriahan.

Puluhan ribu korban gempa di dataran tinggi Tanah Gayo, hanya merayakan Lebaran 1434 Hijriah di tenda-tenda pengungsian.

“Di daerah kami ada sekitar 48 ribu jiwa korban yang kehilangan rumah, dan sementara tinggal di bawah tenda keluarga dan pengungsian,” kata Kabag Humas Sekdakab Aceh Tengah Mustafa Kamal yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu (7/8).

Para korban gempa itu ada yang mendirikan tenda-tenda keluarga di dekat puing reruntuhan rumah akibat bencana gempa, selain ditampung di tenda pengungsian.

Single content advertisement top

Menurut Mustafa, pemerintah berjanji akan membangun kembali ribuan unit rumah bagi korban gempa di Aceh Tengah dan Bener Meriah. Pada gempa kemarin, sebanyak 35 penduduk Aceh Tengah meninggal dunia dan delapan jiwa di Bener Meriah.

Pemkab Aceh Tengah telah memutuskan, pelaksanaan takbiran menyambut hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah hanya digelar di masjid-masjid dan musala. Hal itu dilakukan dengan berbagai pertimbangan.

“Artinya, tidak ada takbiran keliling dan konvoi kendaraan pada malam menyambut hari raya puasa tahun ini. Takbiran agar dikumandangkan di masjid, dan surau-surau di Aceh Tengah,” katanya menjelaskan. (ANT)

Editor: Khairu

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Selama Ramadhan, Kunjungan Wisman Ke Aceh Turun

Yogyakarta Digoyang Gempa

Related posts
Your comment?
Leave a Reply