11:28 am - Senin Oktober 23, 2017

Asal Muasal Pancasila Dimodif Dari Lambang Kerajaan Samudra Pasai

190 Viewed Redaksi 0 respond
Pancasila dimodifikasi dari Lambang Kerajaan Samudera Pasai [foto;liputanmedia.com]

Pikirreview.com–Pada catatan sejarah, Lambang Garuda Pancasila di desain oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, yang lalu disempurnakan oleh presiden Soekarno, demikian rilis situs liputanmedia.

Lambang Kerajaan Samudera Pasai diisi KALIMAT TAUHID serta RUKUN ISLAM. Kepala burung bermakna Basmallah, sayap serta kakinya adalah ucapan dua kalimat Syahadat. Tubuh burung itu adalah Rukun Islam.

Tahukah Anda jauh-jauh hari sebelum lambang itu digunakan sebagai lambang Negara Republik Indonesia, lambang itu telah lebih dulu dipakai sebagai lambang Kerajaan Samudera Pasai???

Kerajaan Samudera Pasai yang merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia yang didirikan oleh Sultan Malikussaleh (Meurah Silu) pada era ke 13 atau pada th. 1267.

Samudera Pasai ketika itu di kenal sebagai pusat studi Islam di lokasi Asia Tenggara, hal semacam ini dikemukakan oleh seorang petualang bernama Ibnu Battutah dalam bukunya Tuhfat al-Nazha. Lambang kerajaan Islam

Single content advertisement top

Samudera Pasai ini dirancang oleh seorang Sultan Samudera Pasai yakni Sultan Zainal Abidin. Lambang burung itu mempunyai arti yakni SYIAR ISLAM YANG KUAT.

R Indra S Attahashi menerangkan kalau lambang negara Samudera Pasai diisi kalimat Tauhid serta Rukun Islam. Rinciannya, kepala burung itu berarti Basmallah, sayap serta kakinya adalah perkataan dua kalimat Syahadat. Paling akhir, tubuh burung itu adalah Rukun Islam.

Indra meneruskan penuturannya kalau lambang itu disalin lagi oleh Teuku Raja Muluk Attahashi bin Teuku Cik Ismail Siddik Attahashi yang disebut Sultan Muda Aceh yang diangkat pasca peristiwa Perang Cumbok pada 1945. Ketika itu di Aceh Tamiang ada kerajaan sendiri bernama Kerajaan Sungai Iyu.

Indra menerangkan, lambang Kerajaan Samudera Pasai itu telah ada pada silsilah keluarganya kian lebih 100 th. lalu. Dari kakek atau nenek, lambang itu diwariskan dari generasi ke generasi yang senantiasa diceritakan kalau itu lambang Kerajaan Samudera Pasai.

Lambang itu dilukis oleh Teuku Raja Muluk Attahashi, keturunan dari panglima Turki Utsmani yang ke Aceh saat Sultan Iskandar Muda hadapi Portugis, pimpinan dari Panglima Tujuh Syarif Attahashi.

Lambang Garuda Pancasila ini ternyata di inspirasi dari lambang kerajaan Samudera Pasai, tetapi lepas dari itu semuanya sejarawan LIPI, Aswi Warman Adam menegaskan bila klaim itu tunjukkan kecintaan bangsa Indonesia. [liputanmedia/pikirreview]

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Woow, Gadis Cantik Ini Kerjakan SBMPTN Dengan Mulut

Gadis Kecil Allepo yang Buka Mata Dunia Bertemu Presiden Turki

Related posts
Your comment?
Leave a Reply