10:19 am - Kamis September 21, 2017

Arab Saudi Pancung 25 Warga Asing Tanpa Notifikasi

316 Viewed Redaksi 0 respond
Ilustrasi (108csr.com)

Jakarta--Pemerintah Republik Indonesia kembali melayangkan nota protes kepada Arab Saudi setelah negara kaya minyak itu mengeksekusi mati dua tenaga kerja Indonesia, Karni binti Merdi Tarsim dan Siti Zaenab, secara berturut-turut dalam kurun waktu tiga hari tanpa pemberitahuan atau notifikasi.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Christiawan Nasir mengatakan pemerintah Arab Saudi sudah melakukan eksekusi mati tanpa notifikasi kepada 61 terpidana sejak awal 2015. Dari 61 terpidana mati tersebut, sebanyak 25 orang merupakan warga negara asing dan 36 lainnya warga lokal.

“Arab Saudi sudah menghukum mati 61 orang, antara lain dari Suriah, Pakistan, Myanmar, Yordan, Yaman, India, Filipina, termasuk Indonesia, tanpa notifikasi sebelumnya,” ujar Arrmanatha dalam jumpa pers di Kantor Kemlu, Jakarta, seperti dilansir CNN, Kamis (16/4).

Menurut Tata, sapaan Arrmanatha, hal tersebut terjadi karena hukum Arab Saudi memang tidak mengharuskan mereka menyampaikan notifikasi kepada negara asal warga asing yang akan dieksekusi mati.

Kendati demikian, Tata menekankan bahwa pemerintah RI meminta Arab Saudi mengikuti kebiasaan hubungan diplomatik di dunia internasional. Biasanya notifikasi dikirimkan tiga hari sebelum eksekusi dilakukan.

Single content advertisement top

“Hal ini diperlukan agar negara bisa menginformasikan kepada keluarga, atau bisa membawa keluarganya ke Arab untuk bertemu terakhir kali (dengan mereka yang akan dieksekusi),” kata Tata.

Dalam kasus Siti Zaenab dan Karni, pemerintah baru menerima notifikasi dari Arab Saudi setelah eksekusi dilakukan. Siti dieksekusi pada Selasa (14/4), dan Karni pada hari ini.

“Pemberitahuan baru disampaikan setelah eksekusi dilakukan. Untuk Karni sendiri bahkan sehari sebelumnya KJRI mengunjungi penjara, dan Karni sendiri tidak tahu kapan akan dieksekusi,” tutur Tata. (cnn/pr)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

“Music Live Studio” Lhokseumawe Dilahap Sijago Merah

Gila….Negara Ini Ijinkan Tentara Memperkosa!

Related posts
Your comment?
Leave a Reply