12:47 pm - Senin November 20, 2017

Anggota Komisi IX DPR: Jurnalis Butuh UU Pekerja Pers

270 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta–Anggota Komisi IX DPR yang membidangi ketenagakerjaan, Rieke Diah Pitaloka, menilai profesi jurnalis perlu perlindungan melalui Undang-Undang Pekerja Pers yang khusus melindungi para jurnalis.

Ia menyayangkan masih ada perusahaan pers yang melarang jurnalis untuk berorganisasi. “Ironi memang,” kata Rieke dalam pelantikan Pengurus Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Malang Raya, Sabtu (8/12/2013) malam, seperti dilansir sindonews.

Single content advertisement top

Rieke juga berharap draft RUU Pekerja Pers bisa diusulkan IJTI untuk memberikan perlindungan bagi para jurnalis saat menjalankan kerja jurnalistiknya. Undang-ungang pekerja pers juga mengatur kewajiban perusahaan media memberikan kesejahteraan bagi para jurnalis yang layak.

Ketua Umum IJTI, Hendriyana Yadi, mengaku tengah membentuk tim untuk menyusun draft RUU Pekerja Pers. Ia menilai jurnalis berbeda dengan buruh pabrik dan membutuhkan perlindungan yang spesifik.

Selain itu, jurnalis juga perlu meningkatkan kompetensinya dan harus profesional, menjaga independensi, dan beretika. “IJTI juga berupaya meningkatkan profesionalisme jurnalis dengan menggelar beragam pelatihan,” katanya.

Sementara itu, Ketua IJTI Malang Raya terpilih, Hendro Sumardiko Catur Prasetyo, mendukung usulan Reike untuk mendorong RUU Pekerja Pers. Menurutnya, pekerja pers terutama di daerah memiliki posisi tawar yang rendah, dan mayoritas tidak ada asuransi.

Menurutnya, IJTI Malang Raya akan mendirikan badan usaha dengan memanfaatkan kompetensi para jurnalis dalam audio visual. “Ini sebagai salah satu cara untuk menyejahterakan jurnalis di daerah yang bergabung di IJTI,” katanya. (snd/muh)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

KPI: 6 TV Swasta Nasional Tak Proporsional Siarkan Politik

Hari Anti Korupsi Diperingati, Hukuman Mati Koruptor Bergelinding

Related posts
Your comment?
Leave a Reply