5:03 pm - Selasa November 21, 2017

Anggaran Kemenag Rp 3,9 T Masih Diblokir

251 Viewed Redaksi 0 respond

Jakarta– Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hayat mengatakan masih ada sebagian anggaran Kementerian yang diblokir. ”Semuanya sudah cair kecuali anggaran sebesar Rp 3,9 triliun,” kata Bahrul saat dihubungi, Jumat, 10 Mei 2013.

Ia menjelaskan, jumlah tersebut adalah anggaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Bahrul menyebutkan ada tiga pos besar yang tercakup dalam anggaran tersebut, yaitu revisi persiapan kurikulum, biaya operasional perguruan tinggi, dan perluasan pendidikan menengah umum.

Menurut dia, ada anggaran yang masih memerlukan penjelasan lebih dalam dan ada yang harus dibahas ulang. Salah satunya, Bahrul menyebutkan, anggaran untuk kurikulum 2013 yang muncul mendadak pada tahun anggaran 2013. ”Itu kan belum ada anggarannya,” kata dia.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemnterian Agama Nur Syam menjelaskan, pembahasan dengan Dewan Perwakilan Rakyat akan dilakukan setelah masa reses berakhir. ”Kami minta waktu pembahasan dilakukan pada pertengahan Mei,” kata Syam saat dihubungi, Jumat, 10 Mei 2013. Syam berharap, pembahasan sudah selesai pada awal Juni mendatang. Soalnya, dia melanjutkan, setelah itu anggaran masih harus ditelaah lagi sebelum menjadi daftar isian pelaksanaan anggaran.

Anggaran di Kementerian Agama menjadi salah satu yang diblokir selain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati sebelumnya sudah mengingatkan kementerian dan lembaga agar menyiapkan dokumen pencairan anggaran sesuai tata kelola administrasi yang berlaku. Tujuannya  agar tidak terkena blokir yang dapat menghambat pelaksanaan program kerja tahunan. Soalnya, blokir yang tidak dilengkapi dokumen bisa menjadi pemblokiran permanen.

Single content advertisement top

Terkait dengan blokir anggaran, Anny meminta kementerian atau lembaga untuk memberikan perhatian lebih terhadap anggarannya yang masih diblokir. Sebab, bisa jadi anggaran tersebut akan digunakan untuk program prioritas di institusinya. Menurut Anny, seluruh kementerian dan lembaga sudah sangat paham proses itu.

Sumber: tempo.co

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

SBY Ditantang Sikat Mafia Migas

A2C Banda Aceh Terbentuk

Related posts
Your comment?
Leave a Reply