8:37 pm - Senin November 20, 2017

AJI Dorong Pembangunan Media Massa Lokal

335 Viewed Redaksi 0 respond
AJI (tempo.co)

Yogyakarta–Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia mendorong pembangunan media massa lokal di berbagai daerah, sebagai jawaban atas tersanderanya kebebasan pers oleh para pemodal besar, yang menguasai media massa nasional.

“Kami melihat perjuangan mewujudkan kebebasan pers belum selesai, kami ada perjuangan baru bagaimana agar kebebasan pers tidak dibajak para pemilik modal dan politisi,” terang Ketua AJI Indonesia Suwarjono, di Yogyakarta, seperti dilansir rri.co.id, hari ini.

Ia juga menjelaskan, upaya itu berangkat dari sebuah keprihatinan atas terjadinya penguasaan opini publik melalui media massa besar yang didasari dua kepentingan para pemiliknya, yaitu kepentingan politik serta kepentingan bisnis.

“Kalau sudah terjadi seperti ini dan masyarakat tidak punya pilihan lain, akan sangat merugikan dan membahayakan,” imbuhnya.

Sementara ini, pembangunan media massa lokal baru difokuskan untuk media massa online, yang bisa diakses melalui teknologi internet. Di seluruh Indonesia, sudah terbentuk 23 media massa lokal, salah satunya portal berita kabarkota.com di Yogyakarta.

Single content advertisement top

“Agar berita yang disajikan betul-betul dapat dinikmati masyarakat yang butuh informasi, saat ini konten berita dari Jakarta menguasai 70 persen konten daerah, padahal sajian informasi belum tentu dibutuhkan masyarakat,” paparnya.

Untuk itu, upaya pembangunan media massa lokal didasari dua misi, pertama untuk memperbanyak pemilik media, serta agar konten atau isi berita bisa beragam.

“Kita akan support teman-teman AJI di daerah untuk menyukseskan upaya ini, agar terjadi demokratisasi penyiaran berita sehingga tidak didominasi oleh segelintir orang,” ujar Suwarjono.

Meskipun diakui upaya tersebut belum berjalan maksimal, tetapi pihaknya terus mendorong terjadinya perbaikan dalam hal pengelolaan terutama segi bisnisnya, untuk kelangsungan hidup media lokal yang dibentuk.

“Ini memang belum massif akan banyak perbaikan di brand, nama berikut cara pemasarannya,” pungkasnya. (rri/pr).

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Warga Aceh Tamiang Desak Bupati Selesaikan Sengketa Tanah

Badan Jalan Amblas, Transportasi Tangse-Geumpang Putus

Related posts
Your comment?
Leave a Reply