11:29 am - Senin Oktober 23, 2017

Agustus, Grup Musik Kande Tampil di British Council Inggris

415 Viewed Redaksi 0 respond
Dalam jumpa Pers Discover Indonesia, 30 Juli 2015 Tampilkan Dua Lagu (foto: beritasatu.com)

Jakarta–Pada Agustus-September 2015, British Council akan selenggarakan acara UK National Tour 2015 – Discover Indonesia di Inggris, yang didukung pemerintah Indonesia. Salah satu grup musik yang dipilih British Council dalam misi pengenalan budaya Indonesia ke dunia adalah Kande, grup musik rock-etnik dari Aceh.

“Kami memang senang tampil di acara kebudayaan seperti ini. Sebelumnya, pernah ada Indonesia Performing Arts Market (IPAM) di Salihara pada 2013. Kami diundang untuk mewakili Aceh di bidang musik. Seharusnya 2014 sudah mulai lagi (IPAM kedua), tapi karena ada perubahan dari pemerintahan (perubahan lembaga yang membawahi pariwisata), jadi digeser ke 2015 dengan tajuk Discover Indonesia,” kata Manager Kande, Chairiyan Ramli, seperti dilansir beritasatu.com, Kamis (30/7) kemarin.

Chairiyan menjelaskan, pada acara yang diselenggarakan Agustus-September 2015 nanti, Kande akan menampilkan lagu-lagu berbahasa Aceh dan Indonesia.

“Namun, kami juga hendak menampilkan lagu yang diselipkan bahasa Inggris dan Prancis,” tambahnya. Hal ini dilakukan Kande, kata dia, karena mengingat banyaknya bantuan asing pasca-tsunami Aceh.

“Pasca-tsunami, banyak sekali pihak asing yang membantu kami. Ada beberapa orang asing yang sangat dekat dengan kita. Jadi, supaya pesan musik kami bisa sampai pada orang asing itu, kami masukkan bahasa asing. Hal ini membuat Aceh dan bangsa asing tetap bisa menjaga interaksi dengan baik. Pesan budaya akhirnya lebih tersampaikan,” jelas Chairiyan.

Single content advertisement top

Dengan ketentuan durasi selama 50-60 menit, Kande memprediksi akan menampilkan 8-10 lagu. “Tapi dalam latihan, kami tetap fokus pada 18 lagu. Kande sudah berdiri 15 tahun, setidaknya ikatan kami kuat dan latihan jadi lebih mudah. Kami sudah siap tampil (di Discovery Indonesia), tinggal memantapkan detailnya saja,” kata dia.

Sebelumnya, kata dia, Kande pernah tampil di Edinburg dan London. Di indonesia, mereka pernah tampil di Jakarta, Bali, dan Aceh.

“Untuk di Aceh, saat itu kami ikut dalam misi perdamaian di sana. Kami ikut keliling di Aceh. Kita bermusik juga untuk menyuarakan kedamaian,” katanya. Atas kegiatan itu, Kande pernah mendapatkan penghargaan Aceh Monitoring Mission (AMM).

Sementara itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia memberikan dukungan khusus pada grup musik Kande. Hal ini karena Kande merupakan satu-satunya grup musik etnik dengan instrumen tradisi kuno, warna vokal dengan nuansa spiritual Islam yang kuat. Menurut Kemdikbud, konsep Kande tidak akan kalah saing dengan kesenian kontemporer lainnya. (beritasatu/pr)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Malam Ini Salsabil Tampil Dengan Pakaian Adat Aceh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply