2:22 am - Minggu November 19, 2017

AFC Sambut Baik FIFA Bolehkan Pesepakbola Putri Berjilbab

364 Viewed Redaksi 0 respond
Pemain Sepak Bola Putri Dibolehkan Berjilbab

Salah Seorang Pesepakabola Timnas Putri Yordania Berjilbab (image: AFP/bbc)

Kuala Lumpur–Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyambut baik keputusan FIFA membolehkan pemain sepak bola putri bertanding dengan mengenakan jilbab.

Presiden AFC, Shaikh Salman Ebrahim Al Khalifa, dalam satu pernyataan, Selasa lalu, yang  mengatakan keputusan tersebut akan membuat sepak bola putri semakin populer di negara-negara Asia Barat yang berpenduduk mayoritas Muslim.

“Sepak bola putri masih dalam tahap awal di Asia Barat dan saya sungguh berharap ini akan menjadi perkembangan yang menggembirakan,” katanya, seperti dikutip dari BBC.

“Keputusan FIFA ini memungkinkan negara-negara Asia Barat menurunkan tim sepak bola putri di berbagai kejuaraan internasional,” tambahnya.

Single content advertisement top

Penggunaan jilbab oleh pemain putri di lapangan dilarang FIFA hingga 2012 dengan alasan jilbab bisa menyebabkan pemain mengalami cedera di leher dan di kepala.

Namun Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) mengizinkan pemain mengenakan jilbab dan melakukan uji coba selama dua tahun atas permintaan AFC.

Hari Sabtu (01/03) pekan lalu FIFA mengeluarkan keputusan yang membolehkan pemain memakai jilbab dan serban di lapangan. “Diputuskan bahwa para pemain putri dapat menutup kepala saat bertanding,” kata Sekretaris Jendral FIFA Jerome Valcke.

Namun tidak semua anggota FIFA mendukung keputusan ini. Prancis misalnya tetap melarang jilbab dan serban untuk menghormati prinsip Prancis sebagai negara sekuler. (bbc/sa/pr)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Redam Sunderland 3-1, Man-City Juarai Liga Inggris

Hajar ManCity 2-1, Barca ke Perempatfinal Liga Champions

Related posts
Your comment?
Leave a Reply