9:44 am - Selasa November 21, 2017

Aceh Target Jadi Sentra Produk Pala Nasional

245 Viewed Redaksi 0 respond

Tapaktuan–Bupati Kabupaten Aceh Selatan H T Sama Indra bersama sembilan pemerintah kabupaten bersama-sama ingin mewujudkan Provinsi Aceh sebagai sentra produksi minyak pala di Indonesia.

“Kita sedang berupaya terus mengembangkan pala ini tidak hanya di Kabupaten Aceh Selatan namun ada sembilan kabupaten lain di Aceh ikut terlibat sehingga dapat menjadi sentra penghasil pala di Indonesia,” katanya di Tapaktuan, kemarin, seperti dilansir Antara.

Sama Indra menyebutkan, secara nasional Aceh menduduki peringkat kedua setelah Maluku sebagai penghasil minyak pala, namun secara mutu minyak pala Aceh menduduki peringkat pertama.

Single content advertisement top

Secara berkelanjutan pemerintah daerah setempat setiap tahun menyalurkan bibit pala bantuan untuk menggairahkan petani dan pada 2013 Pemkab Aceh Selatan membagikan 14 ribu hektare bibit pala.

Hanya saja selama ini kata dia, pemerintah daerah dan petani masih kesulitan menyelesaikan hama pala sehingga sebagian besar tanaman yang sudah produktif di wilayah itu mati akibat diserang binatang penggerek.

“Kita sudah bekerja sama dengan IPB Bogor untuk menyelesaikan persoalan ini dan pada 8 Oktober 2013 kita akan turun bersama melihat penelitian sehingga mendapat solusi,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, sementara ini ada tiga hal yang diperkirakan menghambat peningkatan produksi pala di Kabupaten Aceh Selatan yaitu, hilangnya predator (burung murai batu), cara pembersihan lahan menggunakan pretisida serta jamur.

Menurut dia, hama jamur selama ini mampu dibasmi secara alami oleh burung murai batu dan masyarakat selalu membersihkan kebun pala dengan parang bukan menggunakan pretisida sehingga membuat akarnya rusak.

Menurut Bupati Sama Indra, bila upaya di Kabupaten Aceh Selatan tersebut berhasil, maka akan mempermudah pengembangan tanaman pala itu di daerah lain seperti Kabupaten Aceh Tengah, Bireun, Aceh Utara dan wilayah pantai barat Aceh.

“Kita mulai dari Aceh Selatan dahulu dan kabupaten lain di Aceh yang ikut mengembangkan pala tidak akan terkendala sehingga Aceh dapat menjadi nomor satu penghasil pala,” katanya menambahkan. (Antara)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Kader PA Wakili Indonesia di Seminar PBB

4 Siswa SMA Tenggelam di Danau Laut Tawar, 3 Selamat 1 Meninggal

Related posts
Your comment?
Leave a Reply