8:14 am - Sabtu November 18, 2017

Aceh-Pulau Pinang Akan Tingkatkan Kerjasama Ekonomi & Budaya

288 Viewed Redaksi 0 respond
Sekda Aceh dan Abdul Dato Rahman Abbas di Pedopo Gubernuran Aceh (foto: KabarAcehTerkini)

Banda Aceh–Pemerintah Aceh dan Negara Bahagian Pulau Pinang (Malaysia) berkeinginan meningkatkan kerja sama bidang ekonomi dan kebudayaan antara kedua daerah tersebut.

“Kami berharap kerja sama antara Aceh dan Pulau Pinang bidang ekonomi dan budaya ini bisa ditingkatkan dimasa-masa mendatang,” kata Sekda Aceh Dermawan di Banda Aceh, seperti dilansir antara, Kemarin.

Disela-sela menyambut kunjungan Yang dipertuan Negeri Pulau Pinang Tun Dato’ Seri Utama Dr Hj Abdul Rahman Abbas, Sekda menjelaskan Aceh dan Pulau Pinang telah lama dipersatukan oleh ikatan keluarga yang sangat erat.

“Sudah sewajarnya hubungan sejarah tersebut dijaga tidak hanya dipertautkan dengan persaudaraan, tapi juga dengan kerja sama dibidang-bidang lainnya seperti sektor pendidikan, kebudayaan dan ekonomi,” kata Dermawan menjelaskan.

Single content advertisement top

Ia mencontohkan bidang pendidikan, Pemerintah Aceh telah mengirim banyak pelajar untuk berlajar di Pulau Pinang, seperti di Universitas Sains Malaysia (USM). Sebaliknya Malaysia juga mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di Universitas Islam Negeri dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Sekda juga mengajak investor Malaysia khususnya Pulau Pinang untuk memperluas kegiatan ekonomi dengan Aceh melalui pembukaan jalur transportasi langsung kedua daerah tersebut.

“Transportasi langsung antara Pulau Pinang dan Aceh ini membuka jalan bagi rakyat kedua wilayah untuk membangun kerja sama yang sekaligus mempercepat pembangunan serta pertumbuhan ekonomi, sehingga terbukanya lapangan kerja dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Pemerintah Aceh, kata Dermawan akan terus mengembangkan segala potensi yang ada seperti di sektor perkebunan karena di daerah ini masih memiliki lahan yang cukup luas untuk komoditas kelapa sawit, dan karet misalnya.

Sekda juga memastikan para investor Malaysia tidak khawatir dengan kondisi keamanan di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Kondisi keamanan di Aceh hingga saat ini masih kondusif. Bahkan, Pemerintah Aceh telah mengembangkan sebuah sistem sederhana dan cepat untuk pengurusan izin-izin pengembangan usaha dan investasi melalui sistem pelayanan satu pintu,” katanya menambahkan. (ant/pr)

Editor: Muhajir AF

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Kenaikan Harga BBM, Pertumbuhan Ekonomi Melambat

Jelang Kenaikan BBM, Harga Sembako Melambung di Aceh Utara

Related posts
Your comment?
Leave a Reply