9:08 pm - Sabtu November 18, 2017

Aceh Peringkat 18 Tata Kelola Pemerintahan

268 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Hasil penelitian Lembaga Kemitraan (Partnership), seperti dilansir Waspada, bahwa Aceh berada pada peringkat 18 tata kelola provinsi di Indonesia atau Indonesian Governance Index (IGI) 2013.

“Dari 33 provinsi, Aceh peringkat ke 18 tata kelola provinsi. Ini artinya Aceh mendapat nilai cukup, tidak buruk dan juga tidak baik,” kata Said Muniruddin, peneliti Kemitraan, di Banda Aceh, Kamis (23/05)

Ia mengatakan, penelitian ini mengukur sejauh mana kinerja tata kelola pemerintahan Provinsi Aceh dan hasilnya Aceh mendapat nilai indeks 5,78 poin.

Sedangkan lima besar nasional, kata dia, yakni Yogyakarta dengan indeks 6,80 poin, Jawa Timur 6,42 poin, Jambi 6,24 poin dan Bali 6,23 poin. Sementara, lima peringkat terbawah, yakni Papua (4,86), NTT (4,83), Bengkulu (4,77), Papua Barat (4,42), dan Maluku Utara (4,41).

Said menyebutkan, penelitian ini mengukur kinerja dengan menggunakan pemerintahan bersih, yakni akuntabilitas, transparansi, partisipasi, keadilan, efisiensi, dan efektivitas.

Single content advertisement top

“Yang diteliti adalah interaksi empat lingkup, pemerintah, birokrasi, masyarakat sipil, dan masyarakat ekonomi. Penelitian dilakukan pada pertengahan 2014,” sebut dia.

Ia mengatakan, nilai indeks tata kelola tersebut bisa menjadi referensi bagi Pemerintah Aceh untuk mengukur sejauh mana kinerja serta interaksi dengan masyarakat.

“Indeks ini bisa digunakan sebagai alat pemantauan dan pengawasan tata kelola pemerintahan di Provinsi Aceh guna mewujudkan pemerintahan yang baik,” kata Said Muniruddin. (WOL)

Editor: Khairu

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Pengamat: Aceh Jadi Bidikan AS

STAIN Malikussaleh Lhokseumawe Gandeng Telkomsel

Related posts
Your comment?
Leave a Reply