3:11 pm - Jumat November 23, 4294

Aceh kembali diguncang Gempa 5,6 SR, Warga Panik.

270 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Aceh kembali diguncang gempa berkekuatan 5,6 SR. Gempa berada di kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di 16 km barat daya Kabupaten Aceh Besar, atau 32 km tenggara Kota Banda Aceh.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa terjadi sekitar pukul 12.40 WIB. Sumber gempa berasal dari sesar Sumatera. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Saat gempa terjadi, seluruh staf dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) sedang menunaikan Salat Zuhur. Kendati ada gempa, semua jamaah tidak membubarkan salat. “Saya pikir pening tadi waktu salat,” kata salah seorang pegawai DPRA di Aceh, Selasa (22/10).

Gempa juga dirasakan di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Gempa yang dirasakan di Tangse jauh lebih kencang. “Kencang sekali terasa gempa tadi,” kata salah seorang warga Tangse, Nora, seperti dilansir merdeka.com.

Single content advertisement top

Gempa yang terjadi siang tadi, juga dirasakan warga kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, namun getarannya ringan.

Di tempat terpisah, BNPB melaporkan gempa dirasakan kuat oleh masyarakat selama 8-10 detik. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah. Belum ada laporan kerusakan. Saat ini, masyarakat telah kembali tenang dan normal dengan aktivitasnya.

Berdasarkan peta guncangan gempa, di pusat gempa memiliki intensitas VI MMI (kuat) sedangkan di sekitarnya berintensitas IV-V MMI (ringan hingga sedang). BPBD Aceh Besar masih melakukan pemantauan dampak gempa.

“Masyarakat diimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman gempa. Gempa bumi bersifat mendadak. Belum ada sistem peringatan dini gempa. Kemampuan Indonesia mendeteksi gempa adalah lima menit setelah kejadian gempa, baik kekuatan, kedalaman, dan lokasi gempa bumi,” kata Sutopo. (merdeka)

Editor: Muhajir

News Feed
Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

Abdya Wakili Aceh ke Lomba GKM Nasional

Di Tangse 1 Meninggal, 170 Bangunan Rusak Akibat Gempa

Related posts
Your comment?
Leave a Reply