6:54 pm - Selasa November 21, 2017

Aceh Bentuk Posko Percepatan Swasembada Pangan

380 Viewed Redaksi 0 respond
Pematang Sawah dengan pada siap panen (ilustrasi : panoramio)

Banda Aceh--Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh, Pemerintah Aceh, dan Komando Daerah Militer Iskandar Muda membentuk pos komando percepatan swasembada pangan nasional.

Kepala BPTP Aceh, Basri Abubakar di Banda Aceh, seperti dilansir antara, kemarin, mengatakan pembentukan posko tersebut sebagai upaya memadukan program kerja lintas instansi untuk mewujudkan swasembada pangan di Provinsi Aceh.

“Di posko ini ada tim terpadu, seperti Dinas Pertanian, Badan Penyuluh, unsur TNI, BPTP Aceh, serta instansi terkait lainnya. Tim terpadu tersebut akan melakukan apa saja untuk mewujudkan program swasembada pangan,” kata dia.

Single content advertisement top

Selain itu, kata dia, tim terpadu akan mengumpulkan semua data riil di lapangan menyangkut produktivitas tanaman pangan, baik padi maupun lainnya.

“Semua data menyangkut swasembada pangan di lapangan masuk ke posko ini. Posko ini akan melaporkan ke Menteri Pertanian setiap minggunya,” kata Basri Abubakar.

Basri Abubakar berharap keberadaan posko dan tim terpadu tersebut mampu mewujudkan program swasembada pangan di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Menurut Basri Abubakar, Provinsi Aceh mendapat target produksi padi mencapai 2,7 juta ton pada 2015. Target tersebut naik dari usulan sebelumnya hanya 2,1 juta ton.

Ia mengatakan, dengan produktivitas rata-rata lima ton per hektare dan luas sawah produktif 334 ribu hektare, jika semua menghasilkan tentu target tersebut terpenuhi.

“Namun yang terpenting jika target terpenuhi adalah memastikan distribusi pupuk dan ketersediaan air mencukupi. Apa pun bibit padi yang digunakan, tetapi pemupukan tidak tepat waktu dan ketersediaan air kurang, tentu ini tidak menghasilkan,” kata dia.

Oleh karena itu, Basri Abubakar mengharapkan pemerintah daerah bisa menjamin distribusi pupuk tepat waktu dan tepat sasaran serta memastikan ketersediaan air mencukupi.

“Kami, BPTP Aceh mendukung dari penerapan teknologi pertanian. Dengan harapan produktivitas padi di Aceh meningkat dan melebih target yang telah ditetapkan,” kata Basri Abubakar. (ant/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Meski BBM Sudah Turun, Harga Kebutuhan Pokok Masih Melambung

Gejolak Harga Elpiji, Penjual Makanan & Home Industri Meradang

Related posts
Your comment?
Leave a Reply