3:11 pm - Rabu November 23, 4450

A2C Lhokseumawe Gelar Diskusi ‘Demokrasi, Politik dan Caleg’

352 Viewed Redaksi 0 respond

Lhokseumawe-Atjeh Analysist Club (A2C) Lhokseumawe kembali menggelar kegiatan diskusi publik terkini, Sabtu (28/12), yang bertempat di auditorium Sekolah Menulis dan Kajian Media (SMKM) Atjeh, Lhokseumawe.

Kegiatan ilmiah yang dihadiri pelbagai kalangan, seperti tokoh masyarakat, akademisi, politikus, pengamat media, wartawan, pegiat sastra dan budaya, serta mahasiswa itu menghadirkan nara sumber, Dr. M. Nazaruddin, M.Si, sosiolog politik dari Unimal Lhokseumawe.

Single content advertisement top

Diskusi publik kekinian yang dimulai sekira pukul 14.30 WIB sore yang dikemas dalam tajuk, “Demokrasi, Politik dan Caleg Dalam Pemahaman Masyarakat jelang Pemilu”, menarik perhatian peserta, yang antusias datang meski kota Lhokseumawe diguyur hujan.

Dalam paparannya, Nazaruddin melihat istilah demokrasi yang dimentalkan bangsa ini kurang cocok, yang cocok  demokratisasi, bukan demokrasi.

“Di negara sedang berkembang, sistem demokrasi sebetulnya tidak akan berjalan lancar, karena banyak pihak dan banyak kepentingan didalamnya”, ujarnya.

Dia menambahkan, “pemilu itu bagian terkecil dari demokratisasi, dan dalam pergerakannya juga menganut prinsip transaksional yang berorientasi pada paradigma pragmatisme, apalagi dinegara berkembang”, ungkapnya.

Masih menurutnya, “civil soceity perlu selalu mengawasinya terus menerus jelang dilakukan pemilu, termasuk ketidak-berpihakan media massa dalam memberitakan  kontestan dari partai politik, jika mau pelaksanaan pemilu agak lebih baik”, pungkas Nazaruddin.

Sementara Ketua Umum A2C. Kamaruddin Hasan Kuya, yang diminta pendapatnya oleh wartawan terkait tema-tema yang didiskusikan A2C, mengatakan kajian dan diskusi forum ini selalu isu-isu kekinian di realitas sosial.

Dia juga berharap forum ini bisa dijadikan sebagai forum ilmiah bagi publik, meskipun kegiatanya dilakukan di alam terbuka atau warung-warung kopi. (swa/andre)

Editor: Safta

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Pempek Palembang Masih Banyak Belum Kantongi Sertifikat Halal

Misteri Raja Offa Memeluk Islam

Related posts
Your comment?
Leave a Reply