9:05 pm - Sabtu November 18, 2017

80% Masjid di Indonesia Berpaham Islam Moderat

299 Viewed Redaksi 0 respond
805 Masjid di Indonesia Moderat

Masjid Istiqlal Iakarta (image: blogspot)

Jakarta–Sekitar 80 persen masjid di Indonesia menganut paham Islam moderat. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Seminar Nasional Moderasi Islam 2014, Syarifuddin Muhammad.

Seminar tersebut ditujukan bagi para imam masjid di Indonesia. Pesan yang ingin disampaikan dalam seminar ini adalah mengembangkan peran imam dalam dakwah Islam yang moderat dan santun.

Single content advertisement top

“Dan menjauhi dakwah mengenai kekerasan. Imam semestinya mengajak umat bertakwa dengan cara yang santun,” ujar Syarifuddin saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jumat (28/3).

Syarifuddin yang juga menjabat sebagai Wakil Imam Besar Masjid Istiqlal tersebut menambahkan meski masjid yang menganut paham radikal jumlahnya hanya sekitar 20 persen, namun mereka justru lebih militan. Awalnya, mereka memulai dakwah dengan halus. Begitu mulai mendapat tempat di jamaah, mereka memulai doktrinnya.

Seminar bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Menurut Syarifuddin, langkah ke depan setelah seminar ini adalah menggali bersama dengan beberapa narasumber mengenai apa yang bisa dilakukan untuk mencegah radikalisme.

“Masjid Istiqlal selektif dalam memilih imam jadi tidak ada yang radikal di sini,” ujarnya.

Dia menambahkan, peserta yang terdiri dari sekitar 100 imam masjid dari seluruh nusantara antusias mengikuti pelatihan. Mereka memiliki tanggung jawab melindungi umat dari kekerasan, termasuk paham radikal (ROL)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

SBY Diultimatum KPK Soal Pengelolaan Dana Bansos

Riset: Bahaya Jika Media Massa Ikut Memuji Jokowi

Related posts
Your comment?
Leave a Reply