12:26 am - Selasa November 21, 2017

5% Zakat PNS Unimal Lhokseumawe Untuk Masyarakat Miskin

255 Viewed Redaksi 0 respond

Reuleut, Aceh Utara–Sesuai dengan surat edaran Gubernur Aceh tentang zakat bagi pegawai, pihak Universitas Malikusaleh mengambuil kebijakan untuk mengelola sendiri.

Zakat yang dikelola itu berasal dari pemotongan pendapatan pegawai negeri dilingkungan Unimal; dosen dan pegawai ADM sebesar 5% setiap bulan.

Single content advertisement top

Hal ini disampaikan Ketua Badan Zakat Unimal, Damanhur Abas, Lc kepada PikirReview.com, Jum’at (07/06) lalu mengatakan bahwa “sekitar 5% dari gaji PNS Unimal setiap bulannya akan dipotong untuk zakat itu ,” ujarnya.

Dia menambahkan, “zakat itu mnantinya akan dibagikan kepada masyarakat miskin disekitar kampus, dan tidak diberikan kepada mahasiswa. Zakat juga tidak diberikan dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk barang sesuai dengan usaha yang sedang dijalankan masyarakat”, jelas Damanhur.

Pada 2012 lalu, tegas Damanhur, “lebih dari 1 miliar telah didistribusikan kepada masyarakat miskin, khususnya masyarakt miskin di desa binaan kampus Unimal, seperti masyarakat Reuleut Aceh Utara, masyarakat sekitar kampus Bukit Indah dan Lancang Garam Lhokseumawe”, katanya.

Namun, Damanhur tidak menjelaskan zakat 2,5% dari gaji PNS yang dipotong pemerintah setiap bulannya, termasuk PNS dilingkungan Unimal bagiaman metode penyalurannya dan siapa pengelolanya.

Damanhur, yang juga dosen ekonomi Islam itu berharap, “untuk kedepannya semua instansi pemerintah harus diwajibkan zakat, ini merupakan ujung tombak untuk mengurangi kemiskinan dan menunjang kesejahteraan masyarakat miskin dalam berwirausaha”, harapnya. (Nuci)

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Industri Rotan Aceh Perlu Tingkatkan Mutu

Gas Elpiji Pada Tingkat Distributor Masih Stabil

Related posts
Your comment?
Leave a Reply